PASUNDANNEWS.COM, SUKABUMI — Strategi Tempat Pemungutan Suara (TPS) mobile yang digunakan panitia pemilihan BPD Desa Neglasari Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi berhasil menjadi solusi yang efektif untuk menjaring suara pemilih langsung.

Hal ini dilihat dari antusiasme masyarakat yang datang untuk memilih karena merasa termudahkan dengan letak TPS yang tidak terlalu jauh dari tempat kediaman masing-masing.

TPS mobile ini dengan serius dimanfaatkan oleh para panitia, dengan tujuan untuk memaksimalkan berjalannya proses pemilihan BPD Desa Neglasari periode 2019-2025. Selain itu, manfaat lain yang lebih bernilai dari adanya TPS mobile ini adalah memberikan informasi langsung kepada masyarakat mengenai BPD itu sendiri, karena diakibatkan oleh proses-proses pemilihan BPD sebelumnya yang selalu berdasarkan suara keterwakilan saja, sehingga berdampak pada masih banyak masyarakat desa neglasari yang belum tau prihal BPD.

“Dengan TPS Mobile, selain menjaring partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih, kami selaku panitia juga bisa sekaligus mengedukasi masyarakat menyampaikan informasi mengenai BPD,” ujar Daiman Halim selaku Ketua Pelaksana Pemilihan BPD Neglasari.

Menurut dia, TPS mobile mendapatkan apresiasi dari masyarakat Desa Neglasari, karena dengan begini masyarakat bisa sedikit-banyak tau prihal BPD dibanding sebelum-sebelumnya. Masyarakat Desa Neglasari ternyata sangat antusias bersedia memberikan hak pilihnya untuk memilih calon anggota BPD sesuai pilihannya masing-masing.

“Demi memaksimalkan jalannya kegiatan pemilihan BPD dengan sistem TPS Mobile ini, sebelumnya panitia sudah mempublikasikan informasi lewat selebaran, pamflet, banner, serta pemberitahuan kepada ketua RT se Desa Neglasari untuk mensosialisasikan kepada setiap warganya, serta sosialisasi secara langsung oleh panitia pemilihan BPD,” tambahnya.

Bahkan selain itu, saat hari H pelaksanaan pemilihan para panitia masih melakukan pemanggilan kepada masyarakat pemilih dengan menggunakan pengeras suara megaphone dengan menyusuri setiap gang-gang rumah masyarakat Desa Neglasari.

Ketua panitia mengungkapkan, semoga dengan begini kedepannya masyarakat bisa lebih antusias berpartisipasi dalam setiap hajat demokrasi, serta masyarakat bisa lebih aktif mengawal kinerja pemerintah.

Reporter: Yusuf

Editor: Pitriyani Gunawan

Artikulli paraprakSimulacrum Gelar Diskusi Menakar Arah Kegiatan Tata Ruang Sukabumi
Artikulli tjetërAnimo Masyarakat Tinggi, Ceu “Preman Pensiun” Edoh Ngaku Reueus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini