Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – TP PKK Kabupaten Ciamis menggelar lomba memilah sampah sejak dari rumah, Senin (22/3/2021), di Gedung PKK Kabupaten Ciamis.

Lomba memilah sampah tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan serta menanamkan pola hidup bersih dan sehat.

Penyelenggara lomba ini oleh Pokja III diikuti kader dari perwakilan 6 kecamatan yakni Kecamatan Banjarsari, Baregbeg, Cihaurbeuti, Panumbangan, Tambaksari dan Ciamis.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam lomba ini,” ucap Ketua TP PKK Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat.

Kania mengatakan, tujuan lomba ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kader PKK.

Sehingga nantinya mampu menjadi teladan dan memberikan contoh keteladanannya kepada yang lain.

“Saya berharap hendaknya para kader khususnya para peserta tidak memaknai lomba ini untuk meraih gelar semata,” imbuhnya.

Menrut Kania, sampah memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Penanganan sampah juga tidak bisa mengandalkan beberapa pihak saja.

Oleh karenanya lanjut Kania, perlu adanya peran aerta dari semua unsur masyarakat agar sampah yang ada dapat terkelola dengan baik.

“Termasuk di dalamnya peran kader PKK dalam memberikan informasi mengenai pengelolaan sampah secara baik dan benar,” jelasnya.

Kania menjelaskan, dengan adanya pengelolaan sampah sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle), sebetulnya masyarakat bisa memanfaatkan sampah dengan maksimal.

“Dengan dampak negatif seminimal mungkin, dan salah satu syaratnya yaitu dengan memilah jenis sampah sejak dari rumah,” terangnya.

Kania pun berharap, melalui lomba tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para kader khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Dengan pengetahuan tersebut, kita dapat mengolah sampah menjadi barang yang bernilai dan memiliki nilai jual” pungkasnya.

Artikulli paraprakPeringatan Hari Air Dunia 2021, Wabup Yana Kampanyekan Kelestarian Air
Artikulli tjetërPeringati Hari Air Dunia, Patriot Siliwangi Sejati Ajak Masyarakat Lestarikan Air