Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra mengajak kepada semua kalangan untuk lebih meningkatkan kesadaran akan kelestarian air.

Hal itu disampaikan Wabup Yana saat menghadiri peringatan Hari Air Dunia (HAD) tahun 2021 tingkat Jawa Barat, di Situwangi Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Senin (22/3/2021).

“Hari Air Sedunia ini mengingatkan kita agar bisa lebih memanfaatkan Air sebaik mungkin,” kata Yana.

Menurutnya, Air merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup, sehingga ketersediaannya harus dijaga dan dikelola dengan baik.

“Sesuai dengan tema hari air dunia tahun ini ‘Valuing Water’ yaitu menghargai pentingnya air dalam berkehidupan,” katanya.

Yana menyatakan, revitalisasi dan penataan Situ Wangi memiliki arti penting dalam upaya untuk pelestarian dan ketersediaan air baku.

BACA JUGA : BERWISATA SAMBIL BELAJAR BERTANI DI AGRO EDU WISATA GARUDA MUPUK CIAMIS

Destinasi Wisata Situ Wangi Kawali Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Selain itu, Situ Wangi menjadi destinasi wisata di Ciamis yang dapat mendorong peningkatan aktivitas dan perekonomian bagi masyarakat sekitar.

“Dengan penataan dan revitalisasi ini, berhatap Situ Wangi ini menjadi tempat wisata primadona serta dapat menggerakan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Yana juga menyampaikan rencana dan program Pemkab Ciamis dalam pengelolaan sumber daya air.

Yakni pemanfaatan embung sebagai tampungan dan pengendalian air yang berlokasi di wilayah Kecamatan Lakbok.

“Kabupaten Ciamis memiliki lumbung padi di Kecamatan Lakbok, namun ketika musim penghujan kerap kali kebanjiran dan ketika musim kemarau terjadi kekeringan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta Pemprov Jabar mendorong dibangunnya embung di wilayah lakbok sebagai kolam retensi dan penampung air.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat, Dicky Ahmad Sidik mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama menjaga kelestarian air.

Menurutnya hal tersebut penting dilakukan agar semua makhluk hidup di dunia bisa menikmati air.

“Sudah menjadi tanggungjawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat. Agar air bisa dinikmati semua makhluk yang hidup di dunia,” ucapnya

Sebagai informasi, dalam acara tersebut dilaksanakan pula penanaman bibit pohon dan pelepasan benih ikan.

Artikulli paraprakBerwisata Sambil Belajar Bertani di Agro Edu Wisata Garuda Mupuk Ciamis
Artikulli tjetërTP PKK Ciamis Gelar Lomba Memilah Sampah