Tjetep Muchtar Soleh saat menyampaikan materi Empat Pilar Kebangsaan

CIANJUR, PASUNDANNEWS.COM – Anggota MPR RI, Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM menegaskan Substansi Empat Pilar MPR RI ini bukan sesuatu yang baru, tetapi merupakan semangat yang sudah tertanam lama dalam jiwa bangsaHal tersebut diutarakan Tjetjep dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI tersebut dengan berbagai kalangan masyarakat di kediamannya di Jalan Al Muchtar Nomor 1, Desa Limbangsari, Kecamatan Cianjur.

Tjetjep mengakui sosialisasi 4 pilar kebangsaan didaerah pemilihan anggota MPR adalah dalam rangka manifestasi tanggung jawab anggota MPR. untuk membangun daerah. Sehingga seluruh penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah dilaksanakan dengan mengedepankan nilai-nilai luhur bangsa sebagaimana terdapat pada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

“Substansi Empat Pilar MPR RI ini bukan sesuatu yang baru, tetapi merupakan semangat yang sudah tertanam lama dalam jiwa bangsa,” tutur Tjetjep dalam sambutannya.

Menurut legislator Partai Nasdem tersebut, 4 Pilar MPR RI ini sekaligus sebagai manifestasi adanya rasa kebangsaan yang telah hidup dalam struktur dan kultur masyarakat Indonesia. Jadi, upaya yang selanjutnya harus dilakukan adalah kemauan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI secara konsisten.

“Diharapkan dengan sosialisasi seperti ini mampu menumbuhkan komitmen yang kuat bagi seluruh komponen bangsa,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pemahaman Pancasila dan UUD Tahun 1945, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus tertanam dalam kehidupan bermasyarakat, terutama bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Perbedaan atau kemajemukan bangsa Indonesia adalah sebuah keniscayaan bahkan di Cianjur juga banyak perbedaan. Hanya saja kita harus mampu menyikapinya dengan bijaksana dan tetap menjaga kesatuan dan persatuan sebagai suatu bangsa,” tambahnya.

Selain itu, Tjetjep juga menuturkan, silaturahmi dan konsolidasi seperti ini akan senantiasa rutin dilaksanakan. Bahkan kegiatan tersebut merupakan ke-6 kalinya dilaksanakan di Cianjur karena silaturahmi harus tetap terjaga dan gerakan berkontribusi terhadap pembangunan harus terus dilakukan.

Selain sosialisasi, Tjetjep Muchtar Soleh juga menyerahkan beberapa paket buku kepada seluruh peserta yang telah disediakan sebagai panduan untuk menambahkan nilai-nilai pilar kebangsaan. Dengan begitu, masyarakat yang hadir pada acara tersebut bisa mensosialisasikan ulang kepada keluarga atau lingkungan sekitarnya. Kegiatan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, berdoa bersama, sambutan-sambutan, hingga pemutaran video, dan pemaparan materi kebangsaan. Pertemuan ini dihadiri sekitar 150 orang peserta dari berbagai perwakilan setiap kecamatan se-Kabupaten Cianjur. Jalannya sosialisasi tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. (Fhn)

Artikulli paraprakLengser dari Menteri Parekraf, Ini Jabatan Baru Wishnutama
Artikulli tjetërAkibat Pergerakan Tanah 2 Kontrakan di Palasari Ambrol