BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Tingkatkan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) masyarakat, Pemkab Ciamis melalui Dinas Pendidikan gaungkan kembali program Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah (GEMAS).

Secara simbolis, program tersebut ditandatangani Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebagai bentuk komitmen bersama.

Turut hadir juga para stakeholder, Forkopimda, Kepala OPD dan instansi terkait lainnya, Kamis (25/8/2022) di Aula Sekretariat Daerah.

Untuk diketahui, Gemas merupakan strategi akselerasi peningkatan RLS.

Dalam hal ini, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melalui sambutannya menyampaikan bahwa launching GEMAS sendiri sudah dilaksanakan pada tahun 2019.

Tetapi karena adanya pandemi, program tersebut menjadi vakum seiring dipendingnya berbagai kegiatan masyarakat.

“Kemarin tahun 2019, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar atau PKBM ini sudah banyak terbentuk. Tetapi karena pandemi hampir semua PKBM pasif tidak melaksanakan kegiatan,” ucapnya.

Sementara itu, Gemas ini akan lebih difokuskan pada warga masyarakat Ciamis.

Terutama bagi yang sudah lanjut usia namun belum selesai melaksanakan sekolahnya baik tingkat SD, SLTP maupun SLTA.

Oleh karenanya, ia menegaskan perlu kebersamaan dan kolaborasi dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk mensukseskan gerakan tersebut.

“Berikan masyarakat motivasi dan edukasi supaya mau dan mampu melaksanakan sekolah non formal,” ujarnya.

Herdiat melanjutkan, rata-rata lama sekolah Kabupaten Ciamis masih berada di bawah rata-rata lama sekolah Jawa Barat.

“RLS kita saat ini sebesar 7,9 sementara RLS Jawa Barat sebesar 8,6 oleh karenanya kita masih berada dibawah target Jabar,” tuturnya.

Membangun Komitmen Bersama

Hal senada dikatakan Kepala Disdik Kabupaten Ciamis, Asep Saeful Rahmat, menurutnya kegiatan penandatangan komitmen bersama Gemas ini dimaksudkan untuk membangun komitmen seluruh komponen baik pemerintah maupun stakeholder nya.

“Kami berharap pemerintah dan seluruh stakeholder dapat melakukan gerakan motivasi masyarakat berusia 25 tahun ke atas yang belum tuntas pendidikannya untuk kembali bersekolah melalui pendidikan kesetaraan baik Paket A, B dan C, ” paparnya.

Asep berharap dengan gerakan tersebut banyak masyarakat yang melanjutkan pendidikan.

“Seingga dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Ciamis sebagai kecakapan hidup dalam meningkatkan tarap ekonomi dan yang utama meningkatkan RLS Kabupaten Ciamis,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKetua DPD Golkar Jabar Sentil Beri Dukungan Bupati Ciamis Maju Kembali di Pilkada 2024
Artikulli tjetërKuatkan Ukhuwah Islamiyyah, Pemda Ciamis Gelar Jambore Pemuda Islam