(Foto/Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa Panjalau berikan bantuan modal usaha ternak ayam petelur kepada puluhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) ‘Bungursari’ yang berlokasi di Dusun Balandongan Desa Panjalu, Kamis (26/12/2019) di Aula Desa/Kecamatan Panjalu Ciamis.

Disamping anggaran yang di berikan sebesar Rp. 32.546.800 untuk modal usaha, pemdes bersama PPKH setempat juga mengedukasi KPM PKH melalui pelatihan dan penyuluhan tentang usaha ayam petelur.

Kepala Desa Panjalu, H. Udin menuturkan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang serupa, bahwa bantuan dana desa bisa bersinergi dengan program PKH melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“atas sinergitas bersama, salah satunya dengan program PKH, melalui dana desa IngsyaAlloh kedepannya Pemdes akan terus melakukan pemberdayaan ekonomi, dan memberikan bantuan modal usaha lagi untuk kelompok KPM PKH yang belum mendapat bantuan modal usaha, semoga ini terus berlanjut” Tuturnya.

Koordinator PPKH Kecamatan Panjalu, Soni Mardiana mengatakan, dalam rangka percepatan penurunan angka kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah, pihaknya terus berupaya mensinergikan program – program pemerintah dengan PKH.

“Kami beserta seluruh pendamping PKH panjalu yang lainnya akan terus bersinergi dengan program pemerintah di tingkat desa untuk menuju KPM PKH mandiri sejahtera

Diwaktu yang sama, Koordinator PPKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana, S.Ip., MM, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh SDM PKH panjalu, pihaknya berharap kegiatan pemberdayaan seperti ini bisa terus berlanjut sebagai langkah strategis dalam mingkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Apresiasi setinggi-tingginya bagi teman-teman pendamping PKH panjalu,  berharap dengan adanya kegiatan pemberdayaan KPM ini, Desa – desa yang lain dapat mengikuti kegiatan pemberdayaan yang di danai dari dana desa seperti desa panjalu, dan berharap kedepannya bisa terus berlanjut” Ungkapnya

Indra menambahkan, melalui pemberdayaan ini juga sebagai salah satu tambahan pendapatan ekonomi keluarga KPM yang kemudian menuju graduasi mandiri sejahtera.

“Dalam pemberdayaan ini juga nantinya bisa menambah penghasilan ekonomi keluarga yang kemudian berhasil menuju KPM graduasi mandiri sejahtera” Tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan Camat Kecamatan Panjalu, Drs. H. Dede Suparman, pihaknya berharap melalui dana desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat bisa terus ditingkatkan menuju visi bersama pemerintah menciptakan kemandirian ekonomi.

“Melalui dana desa, kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat terus ditingkatkan secara sinergis bersama, tiada lain untuk menuju visi pemerintah yaitu mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua masyarakat” Pungkasnya.

Artikulli paraprakBalon Pilkades Cipanas Protes Adanya Politik Uang
Artikulli tjetërCegah Paham Radikalisme, HMI Komisariat Syari’ah Gelar Diskusi Publik