Ketua DPD AMPI Kabupaten Ciamis, Mohamad Ijudin, M.Pd. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun, Ketua DPD (Dewan Pengurus Daerah) AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) Ciamis sampaikan beberapa hal terkait era kreatif.

Menurut Ketua DPD AMPI Ciamis, Mohamad Ijudin, era saat ini adalah era kreatif.

Kendati begitu, momen kemerdekaan merupakan peluang untuk membangun generasi kreatif dengan identitas keindonesiaan.

“Pemuda harus membangun terobosan-terobosan inovatif dalam membangun konstruksi kesalehan sosial, kemandirian ekonomi, dan keunggulan Budaya dengan konstruksi ke-Indonesian,” terangnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/8/2022).

Dengan memegang teguh nilai-nilai kearifan sosial, ekonomi, dan budaya yang dimiliki generasi millenial, katanya, menjadi faktor untuk menanamkan jiwa kreatifitas.

Selain itu, nilai lain yang bisa diambil dari Pancasila sebagai dasar negara, seperti religius, gotong royong, saling menolong, saling menghormati dan menghargai dalam segala bidang kehidupan harus tetap dipegang teguh oleh pemuda.

“Dengan itu, pemuda harus hadir melahirkan inovasi bagaimana membangun kesalehan atau kepedulian sosial, mendobrak ekonomi kreatif dan kemandirian ekonomi, dan membangun budaya perilaku yang beradab ditengah perkembangan dahsyat Artificial Intelligence yang berpotensi menimbulkan dehumanisasi,” paparnya.

Generasi Millenial Perlu Menanamkan Nilai Toleransi

Lebih lanjut lagi, Ijudin menuturkan, pentingnya nilai toleransi bagi generasi millenial.

“Peran generasi millenial juga penting untuk mempertahankan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sangatlah penting,” katanya.

Menurutnya, konsep kerukunan secara umum mengacu pada nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara.

“Kerukunan sangat penting untuk menjaga perjalanan bangsa kita ke depan. Kerukunan dapat menjaga perselisihan bahkan peperangan, hal tersebut seperti yang sudah tertera dalam sila ketiga, Persatuan Indonesia,” tuturnya.

Ijudin menambahkan, generasi millenial harus menjadi pendorong dalam soal kerukunan.

Dosen Universitas Galuh Ciamis tersebut mencontohkan soal kerukunan antar sesama teman yang berbeda agama tapi melaksanakan kegiatan yang negatif.

Ia berharap pertemanan harus untuk hal-hal yang positif, bukan untuk hal yang negatif.

Selain itu, mengingat kali ini merupakan momen kemerdekaan. Jiiwa nasionalisme serta semangat berkarya pun perlu dimiliki oleh generasi millenial.

“Generasi millenial merupakan harapan bangsa, momen kemerdekaan menjadi momen memupuk jiwa nasionalisme, semangat kreatifitas dan berkarya,” ungkapnya.

Di samping itu, AMPI sebagai wadah generasi millenial selalu siap untuk membersamai mereka guna menebar kebermanfaatan.

“Berkenaan dengan hari kemerdekaan, AMPI turut merayakan dan mengisi kemerdekaan dengan para generasi millenial untuk terus menebar kebermanfaatan,” tutupnya. (Hendri/PasundanNews.com) 

Artikel sebelumyaJelang HUT RI 77, Bupati Ciamis Kukuhkan 52 Anggota Paskibraka
Artikel berikutnyaTingkatkan Kesadaran Lingkungan, DPRKPLH Ciamis Kampanyekan Tertib Sampah di Momen HUT RI ke 77