Tangkal Radikalisme Anggota Komisi VIII DPR RI dan Dinsos Sarasehan Bersama Paguron Pencak Silat Kanca Satia

PASUNDAN NEWS, CIANJUR – Upaya pencegahan konflik sosial dan penyebaran paham radikalisme Dinas Sosial Kabupaten Cianjur bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM lakukan sarasehan Penguatan Kearifan Lokal Tahun 2022 bersama Paguron Pencak Silat Kanca Satia Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur.

“Dengan kearifan lokal sebagai penyangga dalam membangun tatanan sosial yang serasi dan harmonis, diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesadaran dalam mencegah terjadinya disintegrasi sosial serta memperkuat adaptasi dan penyesuaian sosial fungsional lintas warga hingga bisa menyelesaikan masalah ditingkat lokal,” ujar

Tenaga Ahli Komisi VIII DPR RI Herry Wirawan mewakili Anggota Komisi VIII DPR RI Tjetjep Muchtar Soleh, MM.

Menurutnya, sangat penting dalam memelihara kearifan lokal sebagai penyangga keserasian sosial di Kabupaten Cianjur karena hal itu mengandung nilai kemanusiaan, kebersamaan, persaudaraan yang ada didalam lingkungan budaya masyarakat.

“Mari kita bersama – sama menekankan bagaimana memelihara dan merawat kearifan lokal itu agar senantiasa hidup dan menyala didalam hati nurani manusia indonesia,” ungkapnya.

Diakuinya kegiatan, Sarasehan Penguatan Kearifan Lokal Tahun 2022 ini diselenggarakan oleh Paguron Pencak Silat Kanca Satia Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur dengan tema “Penguatan Akses Kearifan Lokal dan Penguata Ekonomi Produktif dalam Rangka Pencegahan Konflik Sosial dan Penyebaran Paham Radikalisme Tahun 2022.

“Kalau nilai persatuan dan kesatuan terus dipupuk, dirawat dan selalu menjadi ikhtiar dan tindakan seluruh manusia Indonesia, mungkin tidak ada lagi anak yang tawaran, mabok-mabokan dan terjebak pada kriminalitas diusia muda,” tegasnya.

Sementara itu, Dinas Sosial Kebupaten Cianjur melalui Kasi Dinsos Kab. Cianjur mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan silaturahmi dan simbolis penyerahan bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial melalui Anggota Komisi VIII DPR RI.

“Alhamdulillah turut diberikan berupa alat-alat penunjang Kebudayaan Lokal yang diberikan kepada salah satu Paguron Pencak Silat yang ada di Kabupaten Cianjur, semoga ini bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Adapun Ketua Pengurus Paguron pencak Silat Kanca Satia yang dipimpin oleh Cecep Agus Setiawan mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Bapak H. Drs. Tjetjep Muchtar Soleh MM selaku Anggota Komisi VIII DPR RI beserta jajaran Kementerian Sosial serta Dinas Sosial yang terlibat.

“Berkat kerjasama semua pihak Alhamdulillah Kegiatan Sarasehan tersebut bisa berjalan lancar dan Bantuan Sarana Prasarana alat kesenian budaya bisa dimanfaatkan oleh para pecinta dan penggiat budaya Pencak silat,” tandasnya. (Farhaan)

Artikel sebelumyaAkibat Cuaca Buruk Jembatan Penghubung 2 Desa di Cibeber Ambruk
Artikel berikutnyaAnjar Asmara Apresiasi Prestasi Pembalap Ciamis di Kancah Internasional