Kepala Dinas Pendidikan, Dr. Asep Saeful Rahmat didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Eka Yudha Katresna, S.Sos., MM. saat melakukan sosialisasi BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD tahun 2022 di Kabupaten Ciamis mencapai Rp 15.118.200.000.

Kadisdik Ciamis, Asep Saeful Rahmat melalui Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Eka Yudha menyebut, anggaran tersebut sesuai dengan jumlah siswa yang telah Kemendikbud Ristek tetapkan.

“Itu untuk mengcover sebanyak 25.197 siswa satuan PAUD se Kabupaten Ciamis,” kata Eka, Jumat (4/2/2022).

Eka menjelaskan, pelaksanaan penyaluran BOP ini mengacu pada Permendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022.

Penyaluran BOP tahun 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2021 dana BOP salurkan melalui kas daerah.

“Sekarang (2022) penyalurannya langsung dari kas umum negara ke rekening lembaga. Jadi perbedaannya ada pada teknis penyaluran,” jelasnya.

Lebih lanjut Eka menjelaskan, untuk bisa mendapat dana BOP satuan PAUD harus memiliki jumlah siswa lebih dari 9 orang

Siswa yang ada pada setiap satuan PAUD juga harus sudah terinput pada aplikasi data pokok pendidikan atau Dapodik.

“Selain itu juga batasan usia, untuk Kober 3 sampai 4 tahun dan TK usia 5 sampai 6 tahun. Setiap lembaga harus menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana,” jelasnya.

Besaran nilai bantuan dihitung sesuai jumlah siswa. Setiap siswa mendapat Rp 600 ribu per tahun dengan dua tahap pencairan.

Setiap tahapnya per siswa mendapat sebesar Rp 300. Penyaluran tahap 1 paling cepat pada bulan Februari dan tahap 2 paling cepat bulan Juli.

“Sesuai dengan regulasi, penggunaan dana BOP ini untuk kebutuhan operasional lembaga secara fleksibel dan gunakan secara efektif dan efisien,” terangnya.

Eka menambahkan, dalam persiapan penyaluran BOP tahun 2022 pihkanya sudah melakukan sosialisasi kepada satuan pendidikan atau lembaga.

“Terkait regulasi baru penyaluran BOP ini, kami sudah melakukan sosialiasi kepada perwakilan setiap lembaga. Selain itu juga kepada para pengawas, penilik dan Himpaudi,” tuturnya.

Ia pun berharap, dengan adanya bantuan dana BOP ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan.  Menciptakan generasi emas masa depan.

“Semoga dengan adanya bantuan BOP ini bisa lebih meningkatkan kualitas pendidikan PAUD. Mulai dari pembelajarannya hingga kualitas tenaga pendidiknya,” ucapnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakRindu Kembali Juara, Ini Harapan Suporter PSGC Ciamis di Liga 3 Nasional 2022
Artikulli tjetërDies Natalis ke 75, HMI Cabang Ciamis Gelar Berbagai Kegiatan