(Poto: Pixabay)

Pasundannews.com – Puasa tak hanya menahan lapar dan haus saja melainkan ada rukun dan syarat wajib puasa Ramadan. Hal itu tidak banyak yang diketahui umat muslim.

Sebagai umat muslim, mengetahui rukun dan syarat wajib puasa Ramadan adalah sesuatu yang wajib sebelum melakukan puasa ya. Jangan sampai kita puasa tapi banyak hal yang kita langgar malah hanya mendapatkan haus dan lapar saja.

Oleh oleh karena itu, Sobat mesti tau penjelasan rukun puasa dan syarat wajib di bulan ramadhan. semua itu agar ibadah puasa kita di terima Allah SWT dan mendapatkan pahala.

Apa itu Rukun puasa?

Rukun puasa adalah kegiatan wajib yang harus di kerjakan dalam melaksanakan ibadah puasa guna sempurnanya sebuah ibadah.

Jadi rukun puasa itu merupakan hal yang wajib dan harus kita kerjakan. Apabila salahs atu rukun kita tinggal, maka bisa dianggap tidak sah atau sia-sia puasa kita.

Ibadah puasa sendiri kita di kenalkan dengan 2 rukun. Apa saja itu?. Pertama niat dan kedua, menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa kita.

Dua rukun puasa ini jangan sampai kita lewatkan ya. Bagaimana pun juga segala sesuatu perbuatan harus dari niat.

1. Niat Puasa

Ketika kita mau puasa Ramadan bisa membaca niat mulai dari selepas shalat terawih sampai melaksanakan makan sahur. Adapun niat itu adalah usaha dengan sadar dan sengaja mengerjakan puasa. Jangan sampai ketinggalan ya niat ya. Usahakan sebelum tidur berniat untuk makan sahur guna mengerjakan ibadah puasa.

2. Menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa kita

Menhan diri dari godaan yang bisa membatalkan puasa bukan hanya lapar dan haus saja. melainkan menahan diri dari hawa nafsu amarah, emosi, berhubungan sekseual. Melakukan secara sengaja hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Syarat wajib dalam puasa

Setelah Rukun Puasa Yang Wajib Kita Penuhi. selanjutnya tak lupa kita di haruskan juga memahami rukun puasa berikutnya kita akan membahas mengenai syarat wajib puasa, namun sebelum membahas lebih jauh mengenai syarat wajib dalam puasa terlebih dahulu kita ketahui mengenai pengertian syarat puasa.

Syarat puasa adalah sesuatu yang wajib kita penuhi sebelum kita melaksanakan atau mengerjakan ibadah puasa. Adapun syarat wajib dalam puasa adalah sebagai berikut:

1. Beragama Islam

2. Telah baligh;

3. Berakal Sehat (tidak gila atau mabuk).

4. Suci dari haid dan nifas.

5. Muqim (berada di tempat tinggal bukan musafir.

6. Mampu berpuasa dan tidak udzur.

Artikulli paraprakKata-kata Ucapan Selamat Hari Kartini 21 April
Artikulli tjetërLeuwi Pamipiran Ciamis, Wisata Air Alami di Kaki Gunung Sawal yang Menyegarkan