Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Jabar X yang juga Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Dr. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., IP., M.Si. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pancasila merupakan norma dasar negara dalam mengurus kepentingan rakyat.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Kamis (25/5/2023).

“Pancasila merupakan falsafah yang sudah semestinya menjadi menjadi pedoman bagi negara dalam mengambil keputusan,” ujarnya saat kegiatan berlangsung di Aula FKB Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan tersebut, kegiatan diikuti oleh perwakilan lapisan masyarakat dan sejumlah tokoh pemuda Kabupaten Ciamis.

Menurut Agun, nilai Pancasila ini harus tercermin dalam setiap kebijakan yang diambil oleh negara dan perilaku bangsanya.

Termasuk, lanjutnya, pada bidang ekonomi harus bernilai Pancasilais.

“Pancasila harus menjadi dasar penyelenggaraan bangsa ini. Ekonomi kita harus mengandung ekonomi Pancasila, yakni ekonomi yang disusun untuk kemakmuran rakyat,” jelasnya.

Wakil Ketua Bada Pengkajian MPR RI itu pun mengajak kepada masyarakat untuk berorientasi pada ekonomi Pancasila.

Yakni, nilai yang mengedepankan keadilan rakyat dengan semangat gorong royong.

“Mari kita berpikir dalam kerangka negarawan yang berorientasi pada ekonomi Pancasila. Ekonomi yang mengedepankan sifat gotong royong dan saling memajukan sesama,” imbuh Agun. (Herdi/PasundanNews com)

Artikulli paraprakDesa Panjalu Ciamis Raih Penghargaan DJPb Kemenkeu, Predikat Pengelolaan Dana Desa Terbaik
Artikulli tjetërWarga Pangandaran Keluhkan Aktifitas Galian Ilegal