Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis meraih penghargaan pengelolaan dana desa terbaik dari Kementerian Keuangan RI. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Desa Panjalu, Kabupaten Ciamis berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan RI.

Penghargaan tersebut melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat.

Desa Panjalu meraih penghargaan dari DJPb Jabar atas pengelolaan dana desa terbaik pertama dalam hal membangun desa yang berkelanjutan.

Berkenaan dengan ini, Kakanwil DJPb Jawa Barat Heru Pudyo Nugroho menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut kepada Kepala Desa Panjalu.

Disaksikan bersama secara langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya pada Rabu (24/5/2023) di Ruang Op Room Setda Ciamis.

Bupati Ciamis mengucapkan apresiasi atas penghargaan yang DJPb Jabar berikan kepada Desa Panjalu sebagai Desa dengan tata kelola dana desa terbaik.

Selain itu, Herdiat juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala Desa Panjalu atas kinerja yang luar biasa dalam menata mengelola dana desa.

Ia berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi kepada desa-desa lainnya se Ciamis agar bisa lebih baik.

“Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, pertahankan terus kinerja yang baik ini dan semoga dapat menjadi motivasi bagi desa-desa yang lainnya,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa dana desa sangat membantu dalam menunjang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,l.

Terlebih ketika pandemi, ungkapnya, dimana APBD saat itu terkena refocusing.

“Kalau tidak ada dana desa tentu kita hanya mengandalkan APBD, dan itu tentu sangat terbatas,” ujarnya.

Ia menuturkan untuk APBD tahun 2023 sendiri mengalami sedikit penurunan, namun begitu tetap sangat membantu dan sangat dirasakan.

Herdiat mengatakan dengan besarnya dana desa yang tentu harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten terlebih terkait tata kelola keuangan.

Herdiat menyebutkan, dari dana desa ini tidak kurang satu desa 1 Miliar, bahkan ada yang lebih.

“Tentu sangat beresiko hukum terutama dalam pertanggungjawaban dan administrasinya, maka harus dukung dengan SDM yang kompeten,” terang Bupati.

“Alhamdulillah dengan dana desa yang tepat waktu, tepat sasaran sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, yang paling utama tidak lepas dari dukungan dari jajaran DJPb yang selalu mensuport,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakGoes Bareng Gaselas Ciamis, Ikuti dan Dapatkan Hadiah Menarik
Artikulli tjetërSosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Ciamis, Agun Gunandjar Sampaikan Pentingnya Ekonomi Pancasila