Siti Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Situ Lengkong merupakan sebuah danau yang terletak di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Tidak hanya indah, Situ Lengkong juga memuat sejarah kerajaan Panjalu di masa lalu.

Dengan danau seluas 57.95 hektar dan di tengah-tengah danau terdapat pulau seluas 9.25 hektar, bernama Nusa Larang.

Mengutip Ciamis Info, pada Senin (11/3/2024), Situ Lengkong merupakan destinasi wisata alam yang indah sekaligus wisata religi.

Bagi anda yang hendak mencari ketenangan sekaligus ingin berziarah ke makam para ulama besar terdahulu bisa datang ke situ lengkong.

Ulama tersebut adalah Prabu Borosngora yang makamnya terletak di Nusa Larang.

Prabu Borosngora merupakan Raja dan ulama yang pertama kali menyebarkan Agama Islam di kerajaan Panjalu.

Nusa Larang diselimuti pepohonan yang rindang, menciptakan suasana sejuk nan asri sehingga anda dapat berziarah dengan sekaligus menenangkan diri.

Untuk mencapai tempat tersebut, terlebih dahulu anda harus naik perahu/kapal Rp.250.000 atau naik perahu/orang Rp.10.000, selain pergi ke Nusa Larang anda akan diajak berkeliling di sekitar Nusa Larang.

For your information, pada zaman dahulu, Nusa Larang merupakan pusat pemerintahan kerajaan Panjalu juga sebagai benteng pertahanan terakhir. Di sana terdapat 307 pohon dengan 30 jenis pohon yang berbeda-beda.

Nikmati Suasana Indah di Situ Lengkong Panjalu 

Selain wisata ziarah, di sana anda juga dapat menikmati keindahan Situ Lengkong dengan bermain kayak bersama teman atau keluarga.

Spot kayak ini dikelola oleh teman-teman kancra kayaking. Tak perlu risau jika anda belum mengerti perihal kayak karena anda akan ditemani tim pemandu dan diberi arahan terlebih dahulu sebelum bermain kayak oleh mereka.

Dengan bermodalkan Rp.60.000 anda bisa menikmati fasilitas kayak yakni, pelampung, pendamping, keseruan, panorama indah, coffee break dan fasilitas saung kancra.

Wisata Kancra Kayaking buka setiap jam 08.00-16.00 WIB. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi akun instagram @kancrakayaking atau whatsapp melalui nomor 08122046846.

Situ Lengkong Panjalu terletak di Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu. Jarak tempuh Situ Lengkong 38,9 km dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan dari pusat Ciamis.

Akses jalan ke Situ Lengkong cukup mudah, dapat dilalui oleh Kendaraan roda 4 ataupun roda 2.

Anda juga bisa membuka google map untuk membantu anda menemukan Situ Lengkong. Untuk harga tiket masuk wisata alam Situ Lengkong Panjalu sendiri yaitu Rp5.000/orang.

Selain menawarkan keindahan dan menawarkan keseruan, Situ Lengkong Panjalu merupakan kawasan bersejarah yang bisa anda kunjungi.

Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk berkunjung ke Situ Lengkong Panjalu. Selamat berlibur! (Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTitik Lokasi Rukyatul Hilal Wilayah Kabupaten Pangandaran Tak Terlihat
Artikulli tjetërJelang Ramadhan, Petugas Gabungan di Kota Banjar Amankan Remaja Mabok