Foto/Pemprov Jabar.Net

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Sim Jawara atau Sistem Informasi Manajemen Talenta Jawa Barat Juara menjadi sebuah inovasi dari Pemprov Jawa Barat.

Dengan inovasi tersebut, Pemprov Jabar berhasil meraih penghargaan pembangunan daerah (PPD) tahun 2022.

Sebagaimana dilaporkan CNBC Indonesia, Jum’at (29/4/2022), Sim Jawara ini dikembangkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar.

Dengan basis meritrokasi, sistem informasi terkait kepegawaian seputar karir pegawai menjadi terintegrasi.

Untuk diketahui, meritrokasi merupakan sistem politik atau birokrasi berdasarkan kemampuan atau prestasi, kemajuan dalam sistem seperti ini biasanya didasarkan pada kinerja.

Sim Jawara Menjadi Pilot Project Talenta Nasional

Sim Jawara, atas keberhasilannya sudah dijadikan pilot project oleh Kementerian PAN-RB dalam penerapan manajemen talenta nasional.

Dengan manajemen talenta tersebut, proses penempatan, rotasi, mutasi dan promosi seorang ASN menjadi lebih transparan dan berkualitas.

Sebagai informasi, pemenang PPD 2022 ini diumumkan pada saat pembukaan Musrenbangnas (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional) tahun 2022.

Kegiatan berlangsung secara virtual dan dihadiri seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mendorong semua pihak agar tidak bekerja secara bussiness as usual.

Lantaran pola tersebut minim inovasi, tetapi, menurut Jokowi harus memiliki sense of crisis melalui perencanaan yang baik.

“Kita semua harus punya sense of crisis. Jangan seperti biasanya atau bussiness as usual. Maka harus ada perencanaan yang baik. Harus ada skenario yang pas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti ini,” kata Jokowi

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jabar Sumasna, PPD merupakan evaluasi kreatif pembangunan daerah.

Serta sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota yang dapat menghasilkan perencanaan yang berkualitas.

“Senantiasa dapat menyiapkan dokumen perencanaan dengan lebih baik. Secara konsisten, komprehensif, terukur, serta inovatif,” kata Sumasna

Selain inovasi tersebut, Provinsi Jabar juga mengusung program unggulan Investasi Juara. Yang diperkuat dengan berbagai inisiatif strategis dalam aspek perizinan dan penanaman modal.

Itu meliputi inisiatif strategis seperti West Java Investment Summit. Atau West Java Investment Hub.

“Inovasi dan Program Unggulan Jawa Barat ini sangat relevan. Karena secara langsung berkaitan dengan Tema Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2022. Yaitu Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaSusu Kurma Menjadi Asupan Nutrisi yang Baik Saat Berpuasa
Artikel berikutnyaTabrakan Beruntun di Subang, Tewaskan Dua Orang Pemudik