Kegiatan Seleksi Wawancara Bakal Calon Kepala Sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUDANNEWS.COM – Seleksi wawancara bakal calon kepala sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD) lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis diikuti sebanyak 174 orang peserta.

Kegiatan tersebut bertempat di Aula BKPSDM Kabupaten Ciamis, pada Kamis (27/10/2022), dan secara resmi dibuka oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis berpesan kepada para peserta untuk memegang tiga prinsip, yaitu pantang menyerah, membina dengan kasih sayang dan memiliki sikap visioner.

“Jadi kepsek harus memliliki sikap pantang menyerah, membina anak didik dengan penuh rasa kasih sayang dan yang terpenting harus visioner. Sehingga dengan visi tersebut bapak ibu dapat bekerja dengan profesional,” ucapnya.

Selanjutnya, Herdiat menyebutkan saat ini motivasi untuk menjadi Kepala Sekolah di Kabupaten Ciamis sangat kurang.

Padahal kepala sekolah mempunyai tugas dan peran yang sangat besar dalam mengelola sekolah.

“Seolah-olah tidak ada motivasi menjadi kepsek. Sementara Kepsek mempunyai tugas yang sangat besar dalam mengelola sekolah baik sarana prasarana, mengelola siswa, guru dan lingkungan sekolah,” tuturnya.

Minimnya Kepala Sekolah di Kabupaten Ciamis

Tercatat saat ini di Kabupaten Ciamis terdapat sebanyak 191 kekosongan Kepala sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar.

Menanggapi hal tersebut, Herdiat mengaku Pemerintah Daerah ke depan akan lebih memperhatikan kesejahteraan Kepala Sekolah sebagai motivasi dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala sekolah.

“Kesejahteraan kepsek tentu menjadi perhatian kita semua. Kami Pemda tentu akan berusaha dan berupaya. Meski disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk menilai kemampuan kekuatan kesanggupan atau daya kepemimpinan yang dimiliki bakal calon kepala sekolah.

“Dengan kegiatan seleksi ini diharapkan mendapatkan calon-calon kepala sekolah yang memiliki rekomendasi profesional tentang 5 kompetensi kepala sekolah dan pengembangan keprofesiannya sebagai kepala sekolah,” paparnya.

Kadisdik menerangkan sasaran kegiatan seleksi ini adalah guru-guru potensial yang dimunculkan koordinator wilayah bidang pendidikan Kecamatan berdasarkan rekomendasi kepala sekolah dan pengawas sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Kabupaten Ciamis.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTim Voli Ciamis Unggul 3 – 0 Tumbangkan Tim Voli Garut di Porprov XIV Jabar 2022
Artikulli tjetërKASAD Dudung Abdurachman Apresiasi Pangdam I/BB yang Jadi Bapak Asuh Anak Stunting di Medan