Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman meluncurkan platform ASIIK, Anjungan Literasi Elektronik di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (10/6/2024).(Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar)

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Sekda Jabar Herman Suryatman bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kim Agung resmikan peluncuran platform ASIIIK, Senin (10/6/2024).

Selain itu, Sekda juga meresmikan Anjungan Literasi Elektronik bertempat di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Jawa Barat.

Diketahui, platform ASIIK merupakan digital library atau perpustakaan digital yang dapat manfaatkan masyarakat untuk membaca E-Book atau buku elektronik.

Masyarakat bisa melakukan scan QR Code yang tersedia di kawasan Gasibu Bandung untuk menambah wawasan dan literasi.

“Anjungan Literasi Elektronik, sebuah platform sederhana dan kita mulai luncurkan di Gasibu. Silahkan diakses,” ucap Herman.

Menurutnya, ASIIK merupakan platform yang sederhana namun punya manfaat yang baik jika manfaatkan dengan baik pula oleh masyarakat.

“(ASIIK) ini simpel, tapi di dalamnya banyak makna. Kita bisa meningkatkan literasi agar meningkat kualitas hidupnya,” tutur Herman.

“Kita semua ingin sejahtera dan untuk sejahtera kita harus bagus literasinya. Untuk meningkatkan literasi silahkan akses ASIIK,” ajaknya.

Program ASIIK Tingkatkan Literasi Masyarakat 

Kepala Dispusipda Jabar Kim Agung mengajak semua pihak bahu-membahu meningkatkan kegemaran membaca masyarakat.

Ia pun senang peluncuran ASIIK kali ini menjadi stimulus untuk meningkatkan literasi warga Jabar.

Selain di lapangan Gasibu Bandung, spot ASIIK juga tersedia di ruang publik lainnya seperti GOR Saparua hingga di lingkungan Kantor Dispusipda Jabar.

Di luar Kota Bandung, untuk saat ini Anjungan Literasi Elektronik baru tersedia di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buahdua dan Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang.

“Mari tingkatkan kegemaran membaca melalui akses ASIIK dan jadikan Jawa Barat sebagai masyarakat yang literate,” ungkap Kim Agung.

Sementara itu Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Aksaramaya, perusahaan teknologi yang fokus pada pengembangan literasi digital, Sulasmo Sudharno, turut mengajak warga Jawa Barat untuk memanfaatkan ASIIK yang disediakan Pemda Provinsi Jabar.

“Datang ke Gasibu, teman-teman bisa menikmati banyak konten dan buku untuk dapat meningkatkan literasi dan ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat dengan membaca,” tutur Sulasmo.

Platform ASIIK yang dikembangkan Aksaramaya bersama Dispusipda Jabar ini merupakan perangkat untuk membaca buku digital dengan mekanisme scan QR code.

“Aplikasi ini juga dilengkapi dengan reader dan dashboard monitoring untuk memantau utilisasi,” tutup Sulasmo.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPeparnas 2024, Bey Machmudin Targetkan Jabar Raih Juara Umum
Artikulli tjetërIntervensi Serentak Pencegahan Stunting di Bogor, Bey Dampingi Presiden Jokowi Lakukan Peninjauan