Jalan Lingkar Selatan Ciamis tampak terang saat malam hari. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 120 PJU (Penerangan Jalan Umum) berjenis lampu LED (Light Emiting Diode) terangkan jalan Lingkar Selatan Kabupaten Ciamis.

Pemasangan PJU LED di sepanjang jalan Lingkar Selatan ini dari mulai Jalan Pahlawan hingga Bojong.

Kabid Teknik dan Sarana (Teksar) Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis, Drs. Iqo Zulfiqor melalui Kasi Teksar Diar Wardhana menjelaskan tentang PJU tersebut.

“Iya memang terangnya Jalur Lingkar Selatan saat malam hari itu karena terdapatnya pemasangan PJU sepanjang jalan tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya telah memasang sebanyak 120 unit PJU LED dengan jarak tertentu untuk penerangan yang maksimal di Jalur Lingkar Selatan Ciamis.

Jumlah tersebut menurut Diar, menggunakan tiang baru, tetapi terdapat juga pemasangan pada tiang listrik dengan memperhatikan jarak satu sama lainnya.

Dengan pemasangan PJU tersebut, pengendara pun tidak khawatir saat melintas jalan yang tembusannya ke Bojong dan Kota Banjar melalui Cimaragas.

Selain itu, Diar juga menyampaikan pemasangan PJU LED itu bukan hanya di Jalur Lingkar Selatan Ciamis saja.

“Terdapat 3.095 unit PJU LED yang akan menerangi berbagai tempat di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Namun jumlah tersebut menurut Diar, bukan seluruhnya pemasangan pada titik yang baru, tetapi konversi PJU mercury menjadi PJU LED.

“Terdapat konversi dari PJU mercury ke PJU LED sehingga selain lebih terang, arus listrik yang digunakannya pun semakin hemat,” tutur Diar.

Dengan konversi tersebut dari mercuri ke LED bisa menghemat anggaran Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Bisa hemat anggaran karena pembayaran listrik lebih hemat,” tutupnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKebakaran Rumah, Relawan Ciamis Selatan Bagikan Bantuan Sembako untuk Korban
Artikulli tjetërTahun 2023, Berikut Isu Strategis Rencana Kerja Disdukcapil Ciamis