Gunting pita peresmian Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) di Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar oleh Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati, Kamis (28/12/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar resmikan Revitalisasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) di Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (28/12/2023). Acara tersebut diresmikan oleh Penjabat Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, Eri K Wardhana mengatakan bahwa kegiatan rehabilitasi TPA melibatkan empat paket pengerjaan, termasuk pembangunan sel sampah baru, jalan inspeksi, rehabilitasi manuver sampah aktif, dan penampungan air lindi sel sampah aktif.

Dana bantuan provinsi Jawa Barat digunakan untuk menyelesaikan 100% pengerjaan, memastikan kesiapan fasilitas untuk pengelolaan akhir sampah hingga 20 tahun ke depan.

“Keseluruhan pengerjaan tersebut menggunakan sumber dana yang berasal dari bantuan provinsi Jawa Barat dan telah selesai 100%, serta siap untuk digunakan dalam pengelolaan akhir sampah. Dengan rahabilitasi ini diharapkan dapat mengelola sampah sampai 20 tahun ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati, dalam sambutannya menyatakan kepuasannya terhadap pengelolaan sampah di TPA Cibeureum yang menerapkan metode Sanitary Landfill.

Ia menekankan pentingnya menjaga agar pengolahan sampah tidak mengganggu masyarakat sekitar. Menurutnya, metode ini menjadi standar internasional dalam pengelolaan sampah dengan menutup timbunan sampah setiap harinya.

“Saya dulu pernah mempelajari metode pengelolaan sampah dengan metode Sanitary landfill. Metode ini merupakan metode standar yang banyak dipakai secara internasional. Penutupan sampah yang dilakukan setiap hari dapat meminimalkan potensi gangguan yang timbul. Namun demikian saya berpesan, pengolahan sampah tersebut baunya jangan sampai menggangu masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pj Wali Kota Banjar menandai diresmikannya revitalisasi TPA Cibereum dengan pengguntingan pita.

“Dengan revitalisasi ini, diharapkan TPA Cibereum dapat berkontribusi dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan ramah lingkungan untuk masa yang akan datang,” pungkasnya.

Turut hadir Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi, Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Soni Harison, serta para kepala OPD Kota Banjar. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDiduga Korsleting Listrik, Sebuah Rumah Di Kota Banjar Hangus Terbakar
Artikulli tjetërRefleksi Akhir Tahun, DPRKPLH Ciamis Berikan Penghargaan kepada Sekolah Adiwiyata Tahun 2022 dan 2023