Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis menggelar kegiatan Refleksi akhir tahun dan penyerahan penghargaan sekolah Adiwiyata Provinsi, Nasional dan mandiri tahun 2022 dan 2023. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 17 sekolah dan madrasah turut menghadiri penyerahan penghargaan ‘Sekolah Adiwiyata’ tingkat Provinsi, Nasional dan Mandiri tahun 2022 dan tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis (28/12/2023) bertempat di Aula Dinas PRKPLH (Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Kabupaten Ciamis.

Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar menjelaskan kriteria bagi pemenang penghargaan Sekolah Adiwiyata telah diatur dalam Peraturan Menteri Linkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

“Diantaranya sekolah-sekolah harus melakukan upaya pembinaan, pembentukan karakter kepada muridnya dalam upaya pelestarian lingkungan di sekolahnya, minimal harus terbentuk bank sampah aktif, kegiatan proklim aktif,” jelasnya.

Taufik mengungkapkan, pastinya setiap sekolah di Kabupaten Ciamis ingin memiliki sekolah yang nyaman lingkungan dan asri.

Ia juga berharap ke depan terus bertambah sekolah yang memiliki karakter peduli lingkungan.

“Harapan ke depan, bagi sekolah tentunya mereka ingin memiliki sekolah yg asri. Paling penting muridnya memiliki karakter, berupaya dalam pemeliharaan lingkungan,” tuturnya.

“Kami sangat mengapresiasi dan merasa terbantu sekali, persoalan lingkungan tidak bisa diselesaikan sendiri. Membagi fungsi dan peran kolaborasi, sinergi dan akhirnya pemda Ciamis memiliki lingkungan yang asri,” tuturnya menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, salah satu penerima penghargaan, Wakil Kepala Sekolah SMAN 2 Banjarsari, Yusman mengungkapkan pihaknya sangat bangga dengan Pemda Ciamis lantaran memiliki kepedulian untuk terus mengembangkan prestasi Sekolah Adiwiyata.

“Alhamdulillah, dengan kegiatan Adiwiyata, kita bisa aktif menjaga  lingkungan. Memotivasi anak untuk menjaga lingkungan. Terutama itu, pembiasaan anak untuk mencintai lingkungan hidup,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua HPAI (Himpunan Pegiat Adiwiyata Indonesia) KAbupaten Ciamis, Gingin Jamiul Muttaqin, S.Pd.I.

Gingin menuturkan, pihaknya turut mengapresiasi sejumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata.

“Ikut berbangga untuk Sekolah Adiwiyata Ciamis, baik tingkat Jabar, Nasional dan Mandiri. Apresiasi juga untuk pemda Ciamis, khususnya DPRKPLH Ciamis yang luar biasa memberikan apresiasi untuk insan-insan yang peduli lingkungan terutama para sekolah yang telah mendapatkan apresiasi dari proses yang panjang,” paparnya.

Sebanyak 17 Sekolah dan Madrasah di Ciamis dapat Penghargaan

Ketua Panitia, Deasy Ariyanto mengatakan tujuan acara ini yaitu untuk menciptakan anak-anak yang peduli lingkungan.

“Tujuannya menjadikan sekolah atau madrasah yang peduli dan berbudaya hidup, mewujudkan perilaku ramah lingkungan,” katanya.

Ia menjelaskan, penerima penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, nasional dan mandiri tahun 2022 dan 2023 sebanyak 17 sekolah maupun madrasah.

“Tujuannya yaitu untuk menjadikan sekolah atau madrasah yang peduli dan berbudaya hidup, mewujudkan perilaku ramah lingkungan,” katanya.

Ariyanto menyampaikan, penerima penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, nasional dan mandiri tahun 2022 dan 2023 sebanyak 17 sekolah maupun madrasah.

Adapun sekolah dan madrasah yang meraih Adiwiyata tingkat provinsi yaitu, MTsN 6 Ciamis, SMAN 1 Pamarican, SDN 3 Ciamis, SMP Terpadu Al-Hasan, SMAN 1 Lumbung, SMPN 2 Purwadadi, SDN 2 Sukasari, SMAN 2 Banjarsari, MTsN 8 Ciamis, SMAN Terpadu Ar-Risalah MTsN 2 Ciamis

Kemudian Sekolah dan madrasah yang meraih Adiwiyata tingkat nasional yaitu, MTsN 5 Ciamis SMPN 2 Cisaga, MTsN 1 Ciamis L, MTsN 9 Ciamis, MTsN 11 Ciamis. Dan untuk Adiwiyata tingkat nasional yaitu MI Handapherang, Kecamatan Cijeungjing.(HendriPasundanNews.com)

Artikulli paraprakRevitalisasi TPA Cibereum Kota Banjar Diresmikan oleh Pj Wali Kota
Artikulli tjetërJelang Pemilu 2024 Anjar Asmara Bersama Pengusaha Tahu Ciamis Siap Berjuang Bersama