Beranda Ciamis Resmi Dilauching Wabub, BLT-DD di Desa Ciomas Mulai Disalurkan

Resmi Dilauching Wabub, BLT-DD di Desa Ciomas Mulai Disalurkan

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra resmi melakukan launching sekaligus menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) secara simbolis bagi warga terdampak Covid-19 di Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kamis (21/5/2020).

Dalam sambutannya, Yana meminta, bantuan yang bersumber dari Dana Desa tersebut harus benar-benar tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan terdampak Covid-19.

“Semua harus bisa mejamin bahwa bantuan BLT ini harus tepat sasaran kepada warga yang betul-betul membutuhkan disaat pandemi ini” ujar Yana.

Lebih lanjut, Yana mengungkapkan tentang lemahnya data di tingkat Nasional hingga Daerah yang belum memiliki data secara dinamis terkait masyarakat miskin.

“Kaitan dengan persoalan data, kita akui bersama bahwa adanya kelemahan data mulai dari tingkat nasional sampai kabupaten, belum memiliki data secara dinamis, yang ada hanya data statis itu pun dari hasil pendataan tahun 2015” kata Yana.

Untuk Kabupaten Ciamis kedepan, Yana menambahkan, pihaknya akan melakukan dinamisasi database masyarakat miskin di level kabupaten.

“Kedepannya untuk di level Kabupaten harus ada database yang dinamis terkait masyarakat miskin, minimalnya 1 tahun sekali harus diupdate,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Yana juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan pemerintah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di setiap aktivitas yang dilakukan.

“Tidak bosan-bosan saya mengimbau dan mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu disiplin mematuhi peraturan pemerintah, melaksanakan protokol kesehatan, kalau tidak ada keperluan mendesak agar tetap berada di rumah, hal ini dalam upaya bersama pencegahan covid-19” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciomas, Yoyo Wahyono mengatakan, ada 240 warga yang menerima BLT-DD di tahap pertama. Besaran dana yang diberikan sebesar Rp. 600.000,-/warga.

BLT yang bersumber dari dana desa tersebut, kata Yoyo, sesuai Peraturan Menteri Keuangan no 40 yang disalurkan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Bantuan ini merupakan tahap pertama dari 3 tahap yang akan diberikan. Selanjutnya pemberian BLT akan dilakukan pada pertengahan Juni dan Juli” kata Yoyo.

Adapun data penerima BLT-DD ini, kata Yoyo, diambil dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Desa melalui relawan ditingkat Dusun dengan melibatkan para ketua RT, ketua RW dan tokoh masyarakat.

“Setelah dilakukan pendataan ditingkat dusun, kemudian dirapatkan secara khusus oleh tim di tingkat desa hingga akhirnya ditetapkan menjadi peraturan desa” ujar Yoyo.

Yoyo menjelaskan, kriteria penerima BLT adalah keluarga miskin yang berdomisili di Desa Ciomas, tidak termasuk penerima bantuan sosial PKH, Kartu Sembako/BPNT, dan kartu Pra Kerja serta bantuan pemerintah lainnya.

“BLT Dana desa merupakan benteng terakhir, sehingga sasarannya benar – benar tepat, karena berasal dari data baru yang diusulkan oleh masyarakat ditingkat paling bawah” jelas Yoyo.

Yoyo berharap, BLT yang disalurkan bisa membantu warganya untuk meringankan kebutuhan keluarga dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Bantuan yang diterima jangan sampai disalah gunakan, tetapi harus betul-betul bisa di manfaatkan untuk kebutuhan dikeluarga” pungkasnya. (Hen/Pasundannews.com)