Beranda Ciamis Resmi di Launching Bupati, Cikobis Ajak Wisatawan Menikmati Kopi Sambil Keliling Ciamis

Resmi di Launching Bupati, Cikobis Ajak Wisatawan Menikmati Kopi Sambil Keliling Ciamis

BERBAGI
Foto/Dok. Hendry/Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di dampingi Wakil Bupati Yana D Putra, melaunching Ciamis Kopi Bis atau Cikobis di depan pendopo Kabupaten Ciamis, Senin (12/10/2020).

Cikobis merupakan salah satu program terobosan yang dirancang oleh Dinas Pariwisata bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis guna meningkatkan minat wisatawan.

RANCANGAN APBD KABUPATEN CIAMIS TA 2021

Dengan Cikobis ini, para wisatawan bisa merasakan sensasi ngopi didalam bis sembari menikmati perjalanan berkeliling kota Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan, meskipun ditengah pandemi Covid-19, pemerintah tidak boleh terpuruk dalam perekonomian.

Selain tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pemerintah juga perlu memerhatikan perekonomian masyarakat.

“Walaupun di dengan pandemi Covid-19, tetapi perekonomian harus tetap berjalan. Salah satunya melalui sektor pariwisata. Namun kita juga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

Dengan hadirnya Cikobis ini, Herdiat berharap bisa mendatangkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Ciamis.

“Mudah-mudahan inovasi program Cikobis bisa mendobrak minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Ciamis,” tuturnya.

Di samping itu, Herdiat menjelaskan bahwa kopi merupakan potensi besar Kabupaten Ciamis yang harus dikenalkan.

“Dalam pengembangan pariwisata harus betul-betul terintegrasi baik dalam bidang pertanian, peternakan, dan pariwisata,” imbuhnya

Tak lupa, Bupati Herdiat mengucapkan terimakasih dan rasa bangga dengan inovasi di bidang pariwisata ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, Wasdi Izudin menjelaskan, dengan adanya program Cikobis ini diharapkan dapat membantu membangun perekonomian di tengah krisis pandemi Covid-19. Selain itu, juga dapat mendorong pemberdayaan UKM yang ada di Ciamis.

“Dengan program Cikobis yang inovatif walaupun sederhana ini, kita berharap ada gairah dalam perkembangan pariwisata yang potensinya cukup banyak,” kata Wasdi.

Wasdi juga mengajak para pengusaha lokal, putera daerah, putera Ciamis untuk menginvestasikan usahanya di bidang pariwisata.

“Dalam program Cikobis ini kita bekerjasama dengan PO Bus asal Ciamis, Sumber Jaya Trans,” ungkapnya.

Wasdi menjelaskan, untuk rute Cikobis ini menawarkan 6 rute, yakni city tour ALBAiK, Kawali, Panjalu, Karangkamulyan, Cihaurbeuti, dan Sumber Jaya Trans. Dengan kisaran biaya 50-75 ribu rupiah per orangnya.

“6 rute tersebut untuk sementara ini bisa menjadi tawaran minat wisatawan. Sambil berjalan kita bisa kembangkan rute perjalanan dengan melihat destinasi wisata yang ada di Ciamis” pungkasnya. (Hendry/Pasundannews.com)

BERBAGI