Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kawali Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya secara resmi membuka RSUD Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (10/1/2022).

“Pembangunan RSUD Kawali ini memakan waktu sampai 7 tahun dengan anggaran tidak kurang dari Rp 100 miliar,” kata Herdiat.

RSUD Kawali ini memiliki sekitar 100 ruangan. Terdapat ruang isolasi, ruang IGD, hingga ruang perawatan kelas 1, 2 dan 3.

Selain itu juga terdapat layanan poli gigi, poli anak dan poli penyakit dalam. RSUD Kawali ini termasuk rumah sakit kelas D.

Dalam layanan kesehatan masyarakat, RSUD Kawali ini juga bisa menggunakan BPJS untuk mendapat pelayanan kesehatan.

“Kita sudah kerja sama, respons BPJS kesehatan sangat baik. Intinya bahwa agar masyarakat bisa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Herdiat menyatakan, meski rumah sakit kelas D, namun pelayanannya harus tetap prima. Kelayakan sarana prasarana dan tenaga medis juga memadai.

“Kita tidak mempermasalahkan kelas atau tipe. Yang terpenting masyarakat bisa menjangkau rumah sakit dengan pelayanan yang terbaik,” katanya.

RSUD ini masih membutuhkan tenaga medis. Meski sudah membuka rekrutmen melalui CPNS beberapa waktu lalu. Namun masih ada kekosongan dokter umum dan spesialis.

Herdiat menyatakan, bahwa RSUD Kawali tidak semata-mata mencari profit. Namun lebih pada pelayanan sosialnya.

“Beda dengan rumah sakit swasta, rumah sakit milik pemerintah harus lebih tinggi memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Herdiat.

Herdiat juga berpesan kepada direktur dan tenaga medis untuk memberikan layanan dengan baik dan ramah.

“Buat masyarakat senang dengan pelayanan terbaik. Semoga ini bisa manfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” pungkasnya.

Artikulli paraprakBudhy Setiawan Resmikan 3 Lokasi IPAL di Cianur
Artikulli tjetërDinilai Lalai, Aliansi Mahasiswa Relawan Covid Tuntut Satgas Covid-19 Turun