Pohon Trembesi di Ciamis yang rawan tumbang akan diganti. Foto/Hendry.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat cukup banyak memiliki pohon peneduh yang berada pinggir jalan utama Ciamis.

Seperti dijalan Jenderal Sudirman puluhan batang pohon berjejer beragam ukuran menyambut sejak tugu selamat datang hingga Alun-alun Ciamis.

Tak hanya jalan nasional, di jalan-jalan utama Ciamis seperti Jalan Iwa Kusuma Somantri dan Jalan HOS Cokroaminoto juga terdapat pohon peneduh beragam ukuran.

Suasana teduh dan sejuk pun didapatkan pengendara yang melewati Ciamis, terlebih sebagian pohon tersebut tumbuh besar hingga mencapai ketinggian 4 meter lebih.

Namun keberadaan pohon-pohon ini juga cukup membahayakan dan mengancam keselamatan pengguna jalan, seperti pohon peneduh jalan berjenis Trembesi.

Pada saat musim hujan, beberapa pohon tersebut ada yang mengalami roboh dan mengancam keselamatan pengguna jalan.

Terakhir pada Jum’at (22/10) lalu, pohon berjenis Trembesi yang ada di depan kantor bank Mandiri Jalan Ahmad Yani tumbang dan menimpa sebuah mobil yang sedang parkir.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pohon tumbang ini pun sempat menimbulkan kemacetan arus lalu lintas perkotaan Ciamis.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan pihaknya berencana akan mengganti pohon tersebut.

Ia mengungkapkan, untuk mengganti pohon Trembesi dengan pohon jenis lain memerlukan waktu dan proses pengkajian terlebih dahulu.

“Tentunya butuh waktu, melakukan pengkajian dan rekayasa. Supaya lingkungan juga tetap asri dan keamanan lebih kita utamakan,” kata Taufik, Jum’at (29/10/2021).

Jenis Pohon Tabebuya dan Pohon Bungur Dinilai Memiliki Akar yang Kuat

Taufik mengatakan, ada beberapa pohon yang menurutnya cocok untuk tanam pinggir jalan seperti jenis pohon Tabebuya dan pohon Bungur.

Selain memiliki akar yang kuat, pohon jenis Tabebuya dan Bungur ini juga sangat bagus untuk menyerap polusi udara.

“Trembesi juga bagus untuk menyerap polusi udara, hanya saja kurang cocok di pinggiran jalan. Pohon jenis ini lebih cocok di pusatkan pada taman hutan kota secara berkelompok,” katanya.

Taufik menambahkan, pohon Trembesi yang ada pada jalan perkotaan Ciamis sudah besar dan ada yang sudah miring ke jalan.

Bahkan beberapa pohon tersebut akarnya sudah muncul ke permukaan dan merusak sebagian jalan trotoar.

Pihaknya pun telah menerjunkan tim untuk menyisir jalan perkotaan Ciamis melakukan pemangkasan mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.

“Kita sudah menugaskan tim untuk melakukan pemangkasan pohon yang membahayakan dan rawan tumbang. Kami juga mengimbau pada masyarakat agar tidak parkir dibawah pohon,” ucapnya.

Artikulli paraprakKawasan Kumuh di Bantaran Sungai Cileueur Ciamis Dibangun Ruang Terbuka Publik
Artikulli tjetërUpacara Adat Nyangku Panjalu Ciamis Warisan Leluhur yang Harus Dirawat dan Lestarikan