Penataan Bantaran Sungai Cileueur Ciamis. Foto/Hendry.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kawasan kumuh bantaran Sungai Cileueur yang berada di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat di bangun menjadi ruang terbuka publik (RTP).

Pembangunan RTP tersebut terletak pada dua kelurahan yakni Kelurahan Maleber dan Kelurahan Ciamis dengan luas kawasan 33 Ha.

Pembangunan tersebut bertujuan dalam penanganan kawasan kumuh. Penataan ini juga merubah wajah kawasan untuk menciptakan kenyamanan dan keindahan.

Selian itu pembangunan ruang terbuka ini juga bisa mejadi potensi wisata dan melahirkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Kabid Permukiman dan Perumahan DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi mengatakan, dalam pelaksanaanya pemerintah pusat melakukan secara langsung dan Pemkab Ciamis hanya memfasilitasi.

“Pembangunannya laksanakan langsung oleh Pemerintah Pusat dan kami dari Pemerintah Kabupaten Ciamis hanya memfasilitasi saja,” kata Aris, Jum’at (29/10/2021).

Aris menyebutkan, anggaran pembangunan ini bersumber dari bantuan Asian Development Bank ADB atau Loan melalui APBN Pemerintah Pusat sebesar Rp 12.237.624.000.

“Target atau waktu pengerjaan selama 8 bulan, mulai bulai Juni 2021 sampai Februari 2022,” ucap Aris.

Menurut Aris, ruang terbuka publik ini nantinya akan sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Aris menjelaskan, secara desain ruang terbuka ini akan ada dua jembatan yang menjadi akses warga yang berada di kelurahan Maleber dan kelurahan Ciamis.

Ruang terbuka ini juga akan tersedia fasilitas joging track yang bisa masyarakat manfaatkan untuk berolahraga. Selain itu juga ada fasilitas lainnya seperti spot selfy, tempat nongkrong dan ruang pertunjukan.

Aris menambahkan, untuk pemeliharaan lokasi atau aset tersebut nantinya akan dilakukan oleh Pemkab Ciamis melalui dinas teknis.

“Termasuk juga dalam pemanfaatannya secara teknis akan melibatkan dinas terkait lainnya,” tuturnya.

Ia pun berharap pembangunan ruang terbuka ini berjalan sesuai dengan rencana dan bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

“Mengajak kepada semua pihak untuk bersama mendukung pembangunan kawasan ini menjadi lebih nyaman dan indah serta memberikan nilai manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Artikulli paraprakBupati Ciamis Berikan Uang ‘Kadeudeuh’ kepada 13 Atlet Berprestasi PON XX Papua
Artikulli tjetërRawan Tumbang Membahayakan Pengguna Jalan, Pohon Trembesi di Ciamis Akan Diganti