Foto/Dok.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 131 petani di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menerima kartu tani yang disalurkan oleh Balai Penyuluhan Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Selasa (23/6/2020).

Camat Baregbeg, Eddy Yulianto mengatakan, dengan adanya kartu tani ini. Nantinya, para petani dapat menggunakannya dalam pembelian pupuk bersubsidi.

“Langkah seperti ini juga efektif dalam penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran,” katanya.

Selain untuk membeli pupuk bersubsidi, kata Eddy, kartu tani ini juga dapat digunakan sebagai alat transaksi perbankkan tanpa biaya.

“Kedepannya juga kartu tani ini dapat digunakan untuk menjual hasil pertanian ke Bulog,” katanya.

Eddy mengungkapkan, kartu tani ini memang banyak manfaatnya bagi petani. Namun, dalam kartu ini ada sedikit keluhan dari para petani yaitu mengenai agen yang belum ada di setiap desa.

“Agen memang belum ada disetiap desanya hanya ada beberapa di kecamatan. Namun, di Baregbeg ada komunitas tani, jadi diharapkan komunitas bisa kordinasi dengan agen untuk di jadwal datang ke desa,” ungkapnya.

Eddy berharap, para petani dapat menggarap lahan semaksimal mungkin, agar target tanam yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten dapat tercapai dan juga harus bangga menjadi petani.

“Petani itu sebagai penyangga keutuhan negara kesatuhan indonesia, seperti pesan Bung Karno dulu. Jadi, harus bangga jadi petani, dan jangan menyepelekan profesinya,” pungkasnya. (Ramdan/Pasundannews.com)

 

Artikulli paraprakBupati Ciamis; Pimpinan Baznas Terpilih Harus Membangun Kepercayaan Ummat
Artikulli tjetër6 Prajurit Terbaik Kodim 0613 Ciamis Diberangkatkan Untuk Tugas Apter di Papua