Foto/Humas Pemda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis yang terpilih nantinya harus berupaya membangun kepercayaan ummat, sehingga akan meningkatkan partisipasi ummat dalam menyalurkan zakat dan sedekah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya saat menyampaikan sambutan pada kegiatan seleksi Calon Pimpinan (Capim) Baznas Ciamis, di Gedung Sekolah SMPN 1 Ciamis, Senin (23/6/2020).

“Kepercayaan ummat terhadap Baznas harus dibangun, sebagai upaya peningkatan partisipasi ummat dalam penyampaian zakat dan sedekah,” katanya Herdiat.

Herdiat mengatakan, Baznas memiliki potensi besar dalam pengelolaan dan pendistribusian hasil zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Ciamis.

“Kedepannya, kepengurusan Baznas yang terpilih harus bisa mengoptimalkan potensi penyerapan zakat, infaq dan sedekah di Kabupaten Ciamis, tentunya bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” kata Herdiat.

Herdiat menuturkan, setiap peserta yang mengikuti seleksi Capim Baznas ini pastinya memiliki kredibilitas, namun dikarenakan mekanisme yang mengharuskan dilakukannya seleksi, maka prosedur harus tetap dijalankan.

“Terimakasih kepada pengurus Baznas Periode 2015-2020 yang telah bekerja dengan penuh rasa tanggungjawab dalam memajukan Baznas Ciamis,” ucap Herdiat.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Seleksi Pimpinan Baznas Ciamis, H. Muhammad Aip Maptuh menjelaskan, Kegiatan Seleksi Calon Pimpinan Baznas Ciamis sebelumnya telah dibuka tahap pendaftaran pada tanggal 13 April sampai 18 Juni 2020.

Dari tahapan tersebut, terpilih 18 orang yang lolos secara administratif, dan ke-18 peserta tersebut dilanjutkan mengikuti tes tertulis tanggal 23 Juni dan tes wawancara pada tnggal 26 Juni 2020.

“Peserta yang hadir saat ini 16 orang dari 18 peserta yang lolos administratif, 2 orang lainnnya berhalangan hadir,” terang Aip Maptuh

Aip menjelaskan, seleksi Calon Pimpinan Baznas Ciamis ini akan memilih 5 komisioner baru untuk kepengurusan Baznas Ciamis Periode 2020-2025.

“Secara normatif membutuhkan seleksi Capim dan akan menghasikan outpun 5 Capim,” jelasnya.

Setelah tahapan seleksi Capim selesai dilaksankan, selanjutnya akan meminta rekomendasi Baznas pusat dengan pengesahan SK dan selanjutnya dilantik oleh Bupati Ciamis.

“Untuk pengumuman hasil seleksi akan disampaikan 26 Juli nanti,” pungkasnya. (Hen02/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakSepekan Turun Rp 18,4 Triliun, Ini Sisa Harta Bos Djarum
Artikulli tjetërRatusan Petani di Baregbeg Ciamis Terima Kartu Tani