Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya sampaikan sejumlah capaian pemerintah Kabupaten Ciamis.

Ia memaparkan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Ciamis sebagai puncak Hari Jadi ke-381 tahun.

Rapat paripurna tersebut berlangsung di Aula Tumenggung Wiradikusumah DPRD Ciamis, Senin (12/6/2023).

Turut hadir dalam rapat paripurna istimewa tersebut Gubernur Jawa Barat, Mochammad Ridwan Kamil.

Bupati Ciamis menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas dan kepemimpinannya tentu tidak lepas dari tantangan dan hambatan.

Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang berdampak sangat besar pada pembangunan dan perekonomian masyarakat.

Meski begitu, ia mengaku dengan semangat kebersamaan, sinergitas, dan upaya kerja keras Pemkab Ciamis telah mampu melewati situasi dan kondisi sulit tersebut.

“Meski dalam kondisi sulit dan serba terbatas, kita masih dapat melaksanakan pemerintahan dan pembangunan dengan baik,” ucapnya.

Herdiat Sampaikan Capaian Kinerja Pemerintah Kabupaten Ciamis

Herdiat memaparkan capaian keberhasilan dalam pemerintahannya seperti menurunnya tingkat pengangguran terbuka.

Begitu juga dengan presentase penduduk miskin berhasil menurun sebanyak 0,25 persen.

Kemudian yang tidak kalah penting laju pertumbuhan ekonomi (LPE) meningkat 1.36 persen dari semula 3,66 persen menjadi 5,02 persen.

“Atas capaian kinerja tersebut tentu Pemkab Ciamis telah meraih banyak prestasi, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional,” ungkapnya.

Adapun capaian prestasi yang Pemkab Ciamis raih diantaranya penghargaan Anugrah Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK).

Selanjutnya, opini WTP selama 10 tahun berturut-turut dari BPK RI atas laporan keuangan daerah Kabupaten Ciamis.

Lalu pada bidang pelayanan publik, Ciamis mendapat penghargaan predikat ‘tinggi’ atas kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dari Ombudsman RI.

“Paling terbaru, bidang pembangunan pertanian kita mendapatkan penghargaan ‘Satyalencana Wira Karya tahun 2023’ dari bapak Presiden Republik Indonesia,” ujarnya.

Herdiat pun berharap momentum peringatan Hari Jadi Ciamis ke-381 ini dapat jadikan sebagai motivasi untuk terus berjuang.

Membangun daerah dengan semangat kinerja dan prestasi dalam rangka mewujudkan Kabupaten Ciamis yang maju, mandiri dan sejahtera.

“Sesuai dengan tema hari jadi tahun ini yaitu ‘Sinergi Membangun Kemandirian Ekonomi, Sejahtera untuk Semua,” tandasnya.

Apresiasi Gubernur Jawa Barat

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan banyak hal yang mesti diapresiasi atas pembangunan yang telah Kabupaten Ciamis lakukan.

Apalagi, Gubernur menuturkan bahwa Ciamis termasuk salah satu Kabupaten yang mendapat bantuan tertinggi dari Pemprov Jawa Barat.

“Dalam catatan saya selaku Gubernur, bantuan keuangan untuk Kabupaten Ciamis adalah sebesar Rp 1.4 Triliun, termasuk yang tertinggi se wilayah Priangan Timur,” ungkapnya.

Untuk itu, ia pun menitipkan dua hal terkait pembangunan di Ciamis yakni di bidang pertanian dan selanjutnya di bidang pariwisata.

“Untuk bidang pertanian saya kira Kabupaten Ciamis merupakan kabupaten yang sangat juara sehingga mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari bapak Presiden,” ujarnya.

“Selamat Hari Jadi Ciamis ke-381, saya do’akan Kabupaten Ciamis senantiasa diberikan keberkahan, dipenuhi rahmat dan dijauhkan dari segala marabahaya,” imbuhnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBSC dapat Penghargaan Bank Sampah Terbaik Nasional, Kado Istimewa di Hari Jadi Ciamis ke-381
Artikulli tjetërWarga Penderita Katarak Mata Bersyukur ada Bantuan Pembiayaan Operasi Gratis di Ciamis