Tampak puluhan pasien sedang mengantri menunggu giliran untuk operasi katarak gratis di Puskesmas Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kegiatan bakti sosial operasi katarak mata digelar dalam rangka Hari Jadi Ciamis ke-381, pada Selasa (13/6/2023).

Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kerjasama dan kolaborasi Pemda Ciamis melalui Dinas Kesehatan bersama Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung serta Yayasan Karya Alpha Omega Jakarta.

Bertempat di Puskesmas Ciamis, kegiatan diikuti oleh pasien penderita katarak sebanyak 100 orang yang berasal dari 37 Puskesmas.

Diketahui, ketentuan menjadi peserta harus terlebih dahulu lulus screening awal oleh petugas Kesindera (Kesehatan Indera) dari  Puskesmas.

Salah seorang pasien asal Kecamatan Cipaku, Deri Jaja (40) mengaku bersyukur mendapatkan pelayanan operasi katarak gratis dari Pemkab Ciamis.

Jaja mengungkapkan, sudah satu tahun lebih dirinya mengalami gangguan penglihatan pada mata sebelah kiri.

Saat jaja lakukan pemeriksaan disalah satu fasilitas kesehatan setempat, petugas kesehatan atau dokter mendiagnosa katarak putih.

Lalu ia pun sarankan agar menjalani operasi pada bagian matanya. Namun waktu itu Jaja terkendala biaya dan berobat jalan dirumah.

Saat ini, Ia pun merasa lega dan bersyukur bisa mendapat fasilitas operasi gratis dari Pemkab Ciamis.

“Hatur nuhun (terima kasih) Pak Bupati sudah mengadakan operasi katarak gratis. Operasi ini membutuhkan biaya besar, ini sudah gratis saya sangat besyukur,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Ucen Wijaya (67) warga asal  Kecamatan Panumbangan, Ucen Wijaya.

Sudah 3 tahun sejak pandemi Covid, Ucen Wijaya menderita katarak pada mata sebelah kanannya.

Ucen yang diantar keluarga itu pun merasa senang dan bersyukur bisa mendapat fasilitas gratis operasi katarak dari Pemkab Ciamis.

“Rasanya sekarang sudah lega. Sudah lama, sejak 2020 saya menderita katarak, niatan untuk operasi cuma belum ada biaya. Sekarang sudah lega, dan semoga sehat kembali,” katanya.

Bupati Ciamis Meninjau langsung Operasi Katarak Gratis

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta Ketua TP PKK meninjau langsung pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis.

Herdiat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan khususnya berupa operasi katarak bagi masyarakat.

“Ini adalah satu upaya Pemda dalam memberikan pelayanan dasar, kolaborasi dengan RSM Cicendo Bandung dan Yayasan Karya Alpha Omega Jakarta yang turut membantu pembiayaan,” ucapnya.

Ia pun harapkan kegiatan ini dapat membantu masyarakat terlebih dalam hal pembiayaan untuk operasi katarak.

Menurutnya, biaya operasi katarak ini per orangnya cukup mahal antara empat sampai lima juta rupiah.

“Alhamdulillah kita dapat bagian untuk masyarakat yang mempunyai penyakit mata katarak sebanyak 100 orang dengan gratis,” tuturnya.

Ia mengungkapkan secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi indera penglihatan khususnya bagi penderita katarak masyarakat miskin.

Sehingga bagian matanya dapat kembali produktif dan tidak menjadi beban tanggungan bagi keluarga orang lain.

Lalu, meningkatkan aksesibilitas pelayanan bagi masyarakat miskin serta meningkatkan cakupan pelayanan operasi katarak dan upaya kesehatan indera di Kabupaten Ciamis.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan sosial ini, Insyallah amal bakti ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPuncak Hari Jadi Ciamis ke-381, Tatar Galuh Banyak Mendulang Prestasi
Artikulli tjetërBSC Raih Penghargaan Nasional, Wakil Ketua DPRD Ciamis : Kontribusi Nyata Bank Sampah Membangun Daerah