Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Dr. H Taufik Gumelar saat menerima penghargaan Bank Sampah Terbaik Nasional 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Auditorium Manggala Wananakti Jakarta. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – BSC (Bank Sampah Ciamis) mendapat penghargaan sebagai bank sampah terbaik Nasional 2023.

Penghargaan berikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada kegiatan Festival Hari Peduli Sampah Nasional.

Penerimaan penghargaan berdasarkan Peraturan Dirjen PSLB3 No. P.1/PSLB3/PUS/PLB.2/4/2023 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Bank Sampah.

Atas prestasi tersebut, BSC pun diundang langsung untuk menghadiri pemberian penghargaan Bank Sampah Terbaik tahun 2023.

Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar menerima langsung penghargaan tersebut pada kegiatan Festival Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa (13/6/2023) di Jakarta.

Taufik pun menyampaikan terima kasihnya kepada Menteri KLHK, Kadis DLH Provinsi Jawa Barat.

Terkhusus ucap Taufik, kepada Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya atas arahan, bimbingan serta dorongannya melalui kebijakan terbaik dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Ciamis.

“Juga kepada Tim Bank Sampah Ciamis, Tim Duitin, Bank Sampah Unit, Relawan Maggit, Relawan Penggiat Lingkungan dan Pasukan Ungu serta seluruh masyarakat Ciamis” ucapnya.

Ia pun mengaku bangga dan bersyukur atas capaian prestasi tersebut yang secara tidak langsung menjadi kado istimewa Hari Jadi Ciamis ke-381 Tahun.

“Tentu ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan semua pihak, dengan semangat inovatif, serta komitmen menjalin sinergitas dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Menurut Taufik, prestasi ini menjadi momen untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

Ia pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap merawat lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Pilah sampah dari rumah dan nabung sampah ke bank sampah terdekat untuk mewujudkan Ciamis yang bersih, sehat dan bernilai,” ungkapnya.

Partisipasi Festival Peduli Sampah Nasional oleh KLHK

Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis juga turut berpartisipasi dalam Kegiatan Festival Peduli Sampah Nasional (FSPN) 2023.

Kegiatan FSPN tersebut mengusung tema ‘From Linear Traditional to Circular Economy’.

Kegiatan berlangsung selama empat hari mulai Selasa 13 Juni hingga Jumat 16 Juni 2023 bertempat di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat.

Menteri LHK, Dr. Ir. Siti Nurbaya mengatakan, kegiatan FPSN ini bermaksud untuk memastikan implementasi ekonomi sirkular menjadi platform dalam pengelolaan sampah di Indonesia.

“Mendorong pertumbuhan perekonomian dengan mempromosikan pengembangan pengelolaan sampah yang inovatif dan terintegrasi dari hulu ke hilir,” ucapnya melalui tayangan langsung YouTube KLHK.

Adapun kriteria penilaian bank sampah terbaik terdiri dari aspek tata kelola dan pengelolaan bank sampah.

Kemudian pasilitas yang ada pada bank sampah serta sosial ekonomi yang berdampak pada masyarakat.

Tercatat ada 108 bank sampah unit dan 60 bank sampah induk dari 26 provinsi dan 86 kabupaten/kota se Indonesia yang Pemda usulkan dan masuk verifikasi penilaian oleh KLHK.

“Dari jumlah itu tetapkan sebanyak 5 bank sampah unit dan 5 bank sampah induk sebagai penerima bank sampah kinerja terbaik Nasional tahun 2023,” kata Siti Nurbaya.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan FPSN 2023 meliputi, pameran, seminar, talkshow dan workshop.

Menghadirkan narasumber dari pemerintah daerah (Pemda), industri, produsen dan praktisi.

Mereka yang telah berhasil mewujudkan pengelolaan sampah dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMoto2 Italia 2023, Pedro Acosta Keluar Sebagai Pemenang di Tengah Banyak Kecelakaan
Artikulli tjetërPuncak Hari Jadi Ciamis ke-381, Tatar Galuh Banyak Mendulang Prestasi