Foto/Dok.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 25 orang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Ciamis, ikuti pelatihan kewirausahaan dan digitalisasi UMKM yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Rabu (22/7/2020) di Hotel Larisa Ciamis.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut bertujuan untuk menyiapkan pelaku UMKM agar memiliki kapasitas lebih baik dalam pengelolaan manajemen, dan berdaya saing untuk dapat memajukan dan meningkatkan usahanya.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, David Firdha mengatakan, berdasarkan Undang-Undang No 20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal dan berkesinambungan.

Melalui perkembangan iklim yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, dukungan, perlindungan dan pengembangan usaha yang seluas-luasnya.

“Maka dari itu, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ciamis, berupaya semaksimal dalam memberikan pembimbingan dan pembinaan terhadap UMKM melalui pelatihan kewirausahaan ini,” katanya.

David menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk menyiapkan pelaku UMKM memiliki kapasitas lebih baik lagi dalam pengelolaan usahanya, serta menumbuh kembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan ekonomi yang berkeadilan.

Dalam kegiatan pelatihan ini juga, lanjut dia, sengaja mengundang beberapa pemateri yang dianggap penting dalam hal pemasaran, pengelolaan, perizinan serta kesehatan bagi produk UMKM yang nanti akan di jual.

“Pematerinya ada dari Disnaker, Dinas Kesehatan, Dinas Perizinan, Bank BJB, dari kita juga ada dan dari Balatdik KUK Profesional dan Praktisi Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

David berharap, dalam kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat nyata dalam rangka pencapaian kompetensi dan daya saing.

“Peran strategis UMKM ditengah ekonomi nasional ini telah membuktikan kontribusinya disamping menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat, juga menyerap lapangan kerja, maka diharapkan peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya. (Ramdan/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakKetua IKWI Cianjur Toreh Juara 1 Karya Tulis Tingkat Nasional
Artikulli tjetërMe-MUDA-kan Kembali KNPI