Kegiatan Tukar Minyak Goreng dengan Botol Plastik Bekas di sekretariat PAC PDIP Purwaharja, Randegan, Kota Banjar, Selasa (30/1/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar acara unik berupa tukar minyak goreng dengan botol plastik atau minyak jelantah.

Kegiatan tersebut berlangsung di Sekretariat PAC PDIP di dusun Randegan, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Selasa (30/1/2024), yang merupakan bagian dari 21 program Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menurut Ketua DPC PDIP Kota Banjar, H. Nana Suryana, bahwa program Ekonomi Hijau merupakan salah satu program yang diusung oleh pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

“Tujuan kami adalah memberikan edukasi tentang manfaat dari pengelolaan sampah yang baik. Dengan menukarkan botol plastik bekas dengan minyak goreng, kami ingin menyampaikan pesan bahwa sampah bisa menjadi berkah jika dikelola dengan benar,” ujarnya.

Nana menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan di 25 desa/kelurahan yang dilakukan oleh seluruh pengurus, kader di desa maupun kelurahan masing-masing. Setiap desa/kelurahan masing-masing 150 botol minyak goreng yang per botolnya berisi satu liter.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 25 desa/kelurahan di Kota Banjar, melibatkan seluruh pengurus dan kader di tingkat desa maupun kelurahan, sehingga kurang lebih ada sekitar 3750 botol minyak goreng yang ditukar dengan satu botol plastik bekas,” kata Nana.

Masih kata Nana, bahwa kegiatan ini juga tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tetapi juga memberikan peluang tambahan penghasilan bagi masyarakat.

“Melalui program ini, PDIP ingin memberikan kontribusi nyata terhadap upaya menciptakan ekonomi yang berkelanjutan dan mendukung Ganjar-Mahfud sebagai Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024,” tutur Nana yang juga Bacalon Walikota Banjar pada Pilkada Kota Banjar nanti.

Hal yang sama dikatakan Ketua PAC Purwaharja, Fahrul Hoerudin. Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya mencakup Purwaharja, tetapi juga dilaksanakan di PAC Banjar, PAC Pataruman, dan PAC Langensari. Minyak goreng yang

“Dengan melibatkan masyarakat di berbagai tingkatan, kami berupaya menciptakan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah dan dampak positifnya terhadap lingkungan,” kata Fahrul.

Sementara itu, Ketua PAC Langensari, Sadili, menyambut baik program ekonomi hijau yang diusulkan oleh pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 03, Ganjar-Mahfud.

Ia menyatakan bahwa inisiatif ini memiliki dampak positif dan memberikan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami yakin bahwa program tersebut dapat memberikan dorongan signifikan dalam menciptakan lingkungan ekonomi yang berkelanjutan, sambil memberikan wawasan yang berguna kepada masyarakat terkait konsep ekonomi hijau,” katanya.

Acara yang juga sekaligus sosialisasi Pemilu 2024 tersebut juga dihadiri oleh Caleg DPRD Provinsi Jabar dari PDIP Dapil XIII (Kuningan, Ciamis, Kota Banjar, Kuningan) Dr. H. Bedi Budiman.(Hermanto/Hermanto.PasjndanNews.com)

Artikulli paraprakForkopimcam Purwaharja Berikan Bantuan Sembako untuk Keluarga Korban Rumah Ambrol di Desa Mekarharja
Artikulli tjetërPanwascam Langensari Gelar Press Release: Kampanye Pemilu 2024 Aman, Namun Pemasangan APK Melanggar