Ketua Umum DPC APDESI Kabupaten Ciamis, Yoyo Wahyono. Foto/Hendri PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Prestasi Tingkat Nasional yang BSC (Bank Sampah Ciamis) raih di tahun 2023 ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Salah satunya termasuk dari DPC APDESI (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Ciamis.

Ketua Umum DPC APDESI Ciamis, Yoyo Wahyono mengatakan, prestasi atau penghargaan yang BSC terima itu bukan tanpa alasan.

“Tentunya ada indikator-indikator yang telah KLHK tetapkan melalui penilaian yang selektif, dan BSC menjadi salah satu yang terbaik,” kata Yoyo kepada PasundanNews, Rabu (14/6/2023).

Yoyo pun mengucapkan selamat kepada BSC Ciamis yang telah berkontribusi nyata membangun daerah.

“Sangat membanggakan untuk masyarakat desa. Selamat dan sukses bank sampah Ciamis yang telah meraih prestasi tingkat nasional,” ucapnya.

Menurut Yoyo, penyambutan antusias dari pemerintah desa atas prestasi tersebut menjadi momentum untuk optimalisasi bank sampah di setiap desa.

“Penghargaan ini bisa sejalan dengan mensuport setiap desa untuk berpartisipasi lebih lanjut terhadap pengelolaan bank sampah,” ujarnya.

Baca Juga : BSC dapat Penghargaan Bang Sampah Terbaik Nasional, Kado Istimewa di Hari Jadi Ciamis ke-381 

Baca Juga : BSC Raih Penghargaan Nasional, Wakil Ketua DPRD Ciamis : Kontribusi Nyata Bank Sampah Membangun Daerah 

Baca Juga : Bank Sampah Torehkan Prestasi Tingkat Nasional, Ini Kata Pegiat Lingkungan ‘Gapura’ Ciamis 

Merawat dan Menjaga Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah 

Ia juga mengajak kepada setiap elemen masyarakat untuk berkontribusi dalam merawat lingkungan pada segi pengelolaan sampah.

Sehingga nantinya dapat memberikan multi efek yang positif bagi pembangunan daerah khusunya melalui pemberdayaan ekonomi kreatif.

Yoyo menambahkan, prestasi ini juga menjadi bukti nyata bahwa bank sampah mampu memberikan sumbangsih lebih terhadap pembangunan daerah.

“Sudah sangat jelas dan terasa manfaatnya, selain menjaga lingkungan tetap bersih asri, bank sampah Ciamis juga telah banyak memberikan nilai kebaikan pada masyarakat” imbuhnya.

Ia pun berharap, melalui pendayagunaan sampah di setiap desa nantinya dapat berkontribusi terhadap  pembangunan daerah.

“Pengelolaan sampah yang optimal di setiap desa yang ada di Kabupaten Ciamis akan sejalan dengan wacana nasional yang mengangkat tema ‘From Linear Traditional to Circular Economy’,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCiamis Kembali Torehkan Prestasi melalui Indeks Desa Membangun Capai Score Tertinggi
Artikulli tjetërModus Uang Jajan, Ayah Tiri Cabuli Anaknya di Cisaga Ciamis