Foto/Istimewa

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan Terminal Kota Banjar dan Terminal Leuwipanjang di Bandung, Jabar, pada Sabtu (03/02/2024).

Peresmian dua terminal ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati, dan Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliyono. Acara tersebut juga diikuti secara daring oleh pejabat Forkopimda Kota Banjar.

“Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar menjadi pendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengamati transformasi dari citra terminal bus yang kumuh dan tidak rapih menjadi infrastruktur modern yang dapat meningkatkan konektivitas antara Bandung dan Banjar serta kota-kota lainnya.

Ia juga menekankan bahwa pembangunan terminal modern ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar beralih menggunakan transportasi umum.

“Pembangunan Terminal ini mendorong masyarakat agar kembali menggunakan transportasi umum dan tidak lagi berbondong-bondong menggunakan mobil pribadi,” ucapnya.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Banjar, Jenny Maria Wirandani, berharap agar Terminal Banjar lebih ramai di masa mendatang.

“Semoga kedepannya terminal lebih ramai lagi dengan adanya pengusaha atau investor yang mau mengisi tenant di Terminal Banjar,” ujar Jenny, menyoroti potensi kerjasama dengan pelaku bisnis untuk memperkaya layanan di terminal.

Jenny juga menambahkan harapannya agar lebih banyak masyarakat Banjar yang memanfaatkan transportasi umum dan turun di Terminal Banjar.

“Bersamaan dengan ketersediaan Mall Pelayanan Publik di Terminal Banjar selama ini,” tambahnya.

Dengan peresmian ini, diharapkan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar dapat menjadi model bagi pembangunan infrastruktur modern di daerah lainnya, mengurangi ketergantungan pada mobil pribadi, dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan transportasi umum. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBawaslu Kota Banjar Ajak Penyandang Disabilitas Jadi Aktor Pemilu 2024
Artikulli tjetërIr. H. Sudarsono Disambut Warga Perum Sanik Satya Wada dengan Antusiasme Tinggi