Beranda Ciamis Pertengahan Juli 2020, Jalan Lingkar Selatan Ciamis Siap Dilewati Truk

Pertengahan Juli 2020, Jalan Lingkar Selatan Ciamis Siap Dilewati Truk

Foto/Dok.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bulan Juli tahun 2020, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis akan melaunching Jalan Lingkar Selatan untuk digunakan angkutan berat seperti Truk.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Ciamis, Drs. H. Endang Sutrisna.

“Digunakannya jalan lingkar selatan bagi angkutan berat, bertujuan untuk mengalihkan angkutan truk dari jalur kota Ciamis,” kata Endang, Senin (1/7/2020).

Endang mengatakan, untuk launching sendiri direncanakannya tanggal 2 Juli 2020. Namun, setelah di cek di lapangan masih ada sedikit kekurangan jadi diundur pertengahan bulan Juli.

“Kalau persiapan dan pelatihan sudah memenuhi, kelayakan jalan dari pertimbangan PU juga sudah memadai, namun tinggal evaluasi pelebaran lagi kedepanya, serta melengkapi berbagai kekurangan-kekurangan saja,” katanya.

Saat ini, kata Endang, jalur lingkar selatan masih kekurangan rambu-rambu lalu lintas, meskipun sudah ada yang terpasang namun masih kurang.

Selain itu juga, ada kabel telkom dan PLN yang terlalu pendek. Jadi harus ditinggikan, untuk traffic light atau lampu lalu lintas baru ada satu, kemungkinan akan ada tambahan nantinya.

“Untuk kekurangan masih kita evaluasi lagi. Jadi untuk saat ini masih dalam tahapan uji coba, belum resmi,” terangnya.

Endang menjelaskan, dipindahkanya jalur truk ke jalan lingkar selatan ini untuk mengefisiensi sopir angkutan berat supaya lebih nyaman dalam berkendara.

“Kalau di jalan lingkar selatan kan jalanya sedikit longgar. Kalau di kota kan penuh, terlebih banyak sekolah-sekolah yang berada di pinggir jalan. Jadi, sedikit mengurangi kecelakaan,” pungkasnya. (Ramdan/Pasundannews.com)