Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pertanian Ramah Lingkungan turut disosialisasikan dengan adanya ‘Sekolah Lapangan Pertanian’.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya pada Senin (26/2/2024) bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis.

Diketahui, kegiatan ini merupakan langkah terobosan dalam meningkatkan hasil pertanian dan peternakan berbasis teknologi di wilayah Kabupaten Ciamis.

Melalui sambutannya, Herdiat mengatakan pentingnya sektor pertanian dan peternakan yang sedang menjadi primadona di tanah air, termasuk di Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis.

“Ketahanan pangan menjadi prioritas pembangunan kita di tahun 2024, dan pertanian memainkan peran penting dalam mencapai tujuan tersebut,” ujarnya.

Ia juga menyoroti anggapan bahwa kabupaten Ciamis rawan pangan, menyatakan bahwa naiknya harga pangan saat ini tidak mencerminkan hal tersebut.

“Ciamis, khususnya bagian selatannya, adalah salah satu penopang lumbung padi di Jawa Barat. Selain itu, Ciamis juga merupakan penyuplai daging ayam ras dan telur terbesar kedua di wilayah ini,” tambahnya.

Potensi Alam sebagai Kekayaan Tatar Galuh Ciamis

Dengan kekayaan alam yang luar biasa, termasuk sumber air yang melimpah, Bupati menyatakan bahwa optimalisasi potensi alam ini akan membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Oleh karena itu, Herdiat sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan hasil pertanian serta peternakan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita dalam bidang pertanian dan peternakan,” harapnya.

Kegiatan sosialisasi Sekolah Lapangan Pertanian Ramah Lingkungan diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam mendukung pertanian dan peternakan berkelanjutan di Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis, Slamet Budi Wibowo menyatakan kegiatan ini sebagai komitmen pemerintah dalam menjaga ketersediaan pangan yang sehat dan cukup untuk masyarakat.

“Tahun 2024 ini, dalam upaya memperluas pertanian ramah lingkungan, DPKP Ciamis akan melaksanakan pembukaan sekolah lapangan pertanian ramah lingkungan di 26 kecamatan,” ucapnya.

Dari total 26 kecamatan tersebut, 22 kecamatan akan memfokuskan pada komoditas padi, sementara 4 kecamatan lainnya akan memprioritaskan komoditas tanaman pekarangan.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh 25 petani dari setiap kecamatannya, terdiri dari 13 anggota kelompok petani pelaksana sekolah lapangan dan 12 petani muda dengan usia maksimal 39 tahun,” pungkasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakStabilisasi Harga Beras, Pemerintah Kota Banjar Gelar Pasar Beras Murah
Artikulli tjetërBK Award DPRD Jawa Barat Jadi Role Model DPRD Provinsi Jambi