Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – PT. Pertamina (persero) melakukan sosialisasi terkait aturan daftar di aplikasi MyPertamina sejak 1 Juli 2022.

Hal tersebut dilakukan guna pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite dan solar.

Kendati begitu, pihak Pertamina menyatakan daftar di aplikasi MyPertamina bukan satu-satunya cara agar bisa membeli solar dan pertalite.

Tanpa daftar aplikasi pun pembelian BBM bersubsidi tersebut bisa dilakukan. Dengan cara daftar di link web MyPertamina subsiditepat.mypertamina.id.

Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Ritail VI Bandung, Imam Bukhari mengatakan, daftar di aplikasi MyPertamina terdapat beberapa langkah.

Pertama bisa kunjungi link subsiditepat.mypertamina.id agar dilakukan untuk melindungi pengguna BBM bersubsidi.

Menurutnya, BBM bersubsidi pertalite dan solar selama ini banyak dinikmati oleh masyarakat yang tidak berhak.

“Dengan ada pendataan, penerima subsidi dapat lebih bijak dalam menggunakan energi, ini juga dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi lebih tepat sasaran,” katanya, Jumat (1/7/2022).

Imam mengimbau agar masyarakat tetap tenang terkait dengan penerapan aturan daftar di MyPertamina atau link subsiditepat.mypertamina.id tersebut.

Pihak Pertamina sekarang ini akan terus melakukan sosialisasi, kata Imam, serta selama masih dalam masa sosialisasi, pembelian BBM bersubsidi pertalite dan solar masih dilakukan seperti biasa.

Berikut Tempat Sosialisasi Pertamina

Imam pun melanjutkan, petugas di setiap SPBU, terutama di Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis akan ikut melakukan sosialisasi sehingga masyarakat bisa daftar diaplikasi atau di web MyPertamina.

“Pendaftaran kendaraan dapat dilakukan melalui laman subsiditepat.mypertamina.id atau melalui aplikasi MyPertamina,” ujarnya.

Menurutnya, pihak Pertamina juga akan mengakomodir pengguna pertalite. Lalu yang tidak memiliki hp bisa melakukan dengan cara pendaftaran di posko yang telah disediakan Pertamina.

Di wilayah Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, ujar Imam, Pertamina telah menyiapkan lima posko pendaftaran.

Antara lain yaitu di SPBU Rancabango, SPBU Jalan Letnan Harun, SPBU Imbanagara, SPBU Cikoneng, dan Fuel Terminal Pertamina Tasikmalaya. Setelah daftar, masyarakat akan mendapatkan barcode.

“Barcode itu nantinya akan digunakan sebagai identitas kendaraan. Masyarakat yang membeli pertalite dan solar tingal menunjukkan barcode itu kepada petugas SPBU untuk dipindai,” jelasnya.

Imam menambahkan, barcode itu tak hanya bisa ditunjukkan dari hp, tapi juga dapat dicetmendapatkan ak.

“Masyarakat yang tak memiliki hp tetap bisa membeli BBM bersubsidi setelah daftar dan mendapatkan barcode sesuai dengan kendaraannya,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaAdakan HUT Bhayangkara ke-76, Polres Ciamis Gelar Doa Bersama Lintas Agama
Artikel berikutnyaMilenial Perkasa Dukung Jenderal TNI Andika Perkasa Capres 2024-2029