Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memimpin langsung Rakor (Rapat Koordinasi) lintas sektor tingkat Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memimpin langsung Rakor (Rapat Koordinasi) lintas sektor tingkat Kabupaten Ciamis, pada Senin (1/4/2024).

Rakor tersebut dalam rangka persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 1445 Hijriyah, rakor turut diikuti oleh unsur Forkopimda, Plt. Sekda, Kepala OPD, Camat, Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Ciamis.

Herdiat menyampaikan bahwa hasil pemantauan Pemda melalui instansi terkait bahwa menjelang perayaan Idul Fitri ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar di Ciamis terbilang cukup aman dan terkendali bagi masyarakat.

“Hasil pemantauan terakhir pada minggu keempat bulan Maret seperti di Pasar Manis Ciamis, Sindangkasih, Kawali dan yang lainnya ketersediaan bahan pokok tergolong cukup aman dan terkendali, walaupun harga-harga lumayan melambung,” paparnya.

Kemudian, lanjut Herdiat, beberapa upaya yang dilaksanakan oleh Pemda Ciamis guna menstabilkan harga dan daya beli masyarakat menjelang Idul Fitri 1445 H telah dilaksanakan di beberapa daerah.

Diketahui, mengenai mulainya kesiapsiagaan di Kabupaten Ciamis yaitu H-7 sampai dengan H+7 Idul Fitri.

Kendati begitu, ia membahas bidang lain yang berkaitan dengan kelancaran perayaan idul fitri salah satunya bidang kesehatan.

Bupati turut menginstruksikan utamanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis dan Kawali agar pada waktunya nanti tetap beroperasi.

“RSUD Ciamis, Kawali dan RSOP Ciamis akan menjadi Rumah Sakit Rujukan apabila terjadi kecelakaan, pelayanan masyarakat berobat dan yang lainnya selama libur idul fitri 1445 Hijriyah,” tegasnya.

Tak hanya itu, Herdiat juga menginstruksikan kepada para Kepala Puskesmas utamanya di jalur ramai pemudik agar tetap siaga.

“Puskesmas juga silakan siaga berkordinasi dengan kepolisian titik-titik pos pengamanan dan sediakan juga ambulance,” paparnya.

Terakhir, Herdiat menginstruksikan kepada para camat supaya menghimbau kepada masyarakat pada malam takbir nanti untuk diisi dengan kegiatan keagamaan dan kegiatan positif lainnya.

“Hindari juga kegiatan yang membuat kegaduhan yang mengganggu khidmatnya takbir menjelang idul fitri seperti petasan, lodong, dan juga lainnya, ini Deni kesempatan masyarakat semua” tegas Bupati.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDiduga Terpeleset saat Mancing, Seorang Pemuda di Kota Banjar Hanyut di Sungai Citanduy
Artikulli tjetërWabup Ciamis bersama Kementan Gelar Pasar Murah di Sadananya, Masyarakat Terlihat Antusias