Beranda Ciamis Peringati Word Clean up Day, Pemkab Ciamis Edukasi Masyarakat Merawat dan Menjaga...

Peringati Word Clean up Day, Pemkab Ciamis Edukasi Masyarakat Merawat dan Menjaga Lingkungan

Foto/Dok.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis memperingati World Clean up Day (WCD) dengan bersih-bersih pungut sampah di lingkungan sekitar serentak di setiap wilayah se Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya didampingi Kepala DPRKPLH Ciamis, H. Taufik Gumelar beserta ratusan warga dari berbagai elemen baik organisasi masyarakat maupun sukarelawan bergotongroyong membersihkan sampah di bantaran sungai Cipali Benteng, Sabtu (19/9/2020).

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengatakan, kegiatan WCD tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana saat ini masih berlangsungnya pandemi Covid-19 sehingga protokol kesehatan pun diberlakukan dengan ketat.

“Hari ini Ciamis secara serentak menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih sampah. Disaat pandemi ini, kami mengajak kepada seluruh warga tatar galuh ciamis untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan Covid-19,” kata Herdiat.

Kegiatan yang bertemakan “Bersatu Indonesia Bersih”, Herdiat juga mengajak kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk selalu menjaga alam dan menjaga lingkungan tempat tinggal.

“Kegiatan ini juga secara tidak langsung memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga alam. Ketika kita jaga alam dan alam pun menjaga kita,” ucapnya.

Herdiat mengatakan, permasalahan sampah di Ciamis saat ini masih bisa teratasi. Hal itu terbukti dengan adanya program bank sampah dan sedekah sampah. Sehingga masyarakat antusias mengikuti program tersebut dengan menabung sampah yang sebelumnya dipilah dari rumah.

“Alhamdulillah, untuk masalah sampah di ciamis masih bisa teratasi jika di bandingkan dengan kota-kota lain sampah menjadi masalah yang krusial. Semoga kita dapat terus konsisten dalam upaya menangani sampah dan selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri” pungkasnya. (Hendry/Pasundannews.com)