Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis menggelar aksi bersih hutan dari sampah anorganik di Hutan Penelitian Cigerendeng, Kecamatan Cisaga. Foto/Istimewa.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – DInas PRKLH Ciamis menggelar aksi bersih hutan dari sampah anorganik di Hutan Penelitian Cigerendeng, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Senin (6/6/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2022.

Kegiatan dengan tema ‘Hanya Satu Bumi untuk Masa Depan’ ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama Perhutani dan Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Ciamis.

“Aksi bersih hutan dari sampah anorganik ini sebagai upaya untuk melestarikan alam dan lingkungan, salah satunya di Hutan Cigerendeng ini,” katanya.

Kepala DPRKPLH Ciamis, H. Taufik Gumelar mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan alam dan lingkungan.

“Aksi bersih hutan dari sampah anorganik ini sebagai upaya untuk melestarikan alam dan lingkungan, salah satunya di hutan Cigerendeng ini,” katanya.

Dalam aksi ini, tidak hanya dari petugas kebersihan, namun masyarakat setempat juga ikut serta melakukan bersih-bersih secara bersama memungut sampah.

“Sebanyak kurang lebih satu truk sampah berhasil kita kumpulkan, dan nanti akan di buang di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah,” terangnya.

Taufik menyebutkan, dalam memperingati HLH tahun ini selain melakukan aksi bersih hutan, DPRKPLH Ciamis juga melakukan berbagai kegiatan.

Diantaranya, aksi penghijauan penanaman pohon di kampung iklim (Proklim) di beberapa Desa di Kecamatan Panjalu dan Cipaku.

Kemudian, pembentukan sekolah adiwiyata di 29 sekolah baik SMA, SMP, SD dan RA. Pembinaan kepada para pelaku usaha yang berpotensi terhadap pencemaran lingkungan di 10 lokasi.

“Pembinaan kepada para pelaku usaha yang berpotensi terhadap pencemaran lingkungan juga penting kita lakukan,” jelasnya.

Selanjutnya, DPRKPLH Ciamis telah melakukan kegiatan pemasangan bio pori di lokasi Proklim (Program Kampung Iklim), yakni di Dusun Cinyenang, Desa Sidamulya, Cisaga.

“Kami juga telah melakukan pembinaan dan pembentukan bank sampah dan maggot di 45 lokasi di Kabupaten Ciamis,” terangnya.

Taufik pun mengajak kepada masyarakat untuk bersama menjaga dan mencintai lingkungan, agar bumi ini untuk masa depan.

“Mari sama-sama kita menjaga alam dan lingkungan untuk masa depan bumi kita nantinya. Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita” pungkasnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaAliansi Masyarakat Peduli Negeri Demo Tolak Anis Baswedan Calon Presiden, Dinilai Pro Radikalisme
Artikel berikutnyaBencana Banjir Melanda Desa Nagrak Cianjur, Kerugian Materil Hingga Ratusan Juta