PASUNDAN NEWS, CIANJUR – MAN 2 Cianjur melalui Tim Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lilaalamiin (P5P2RA) bersama

Organisasi Siswa Intra Sekolah MAN 2 Cianjur (OSMANDA) menggagas pemilihan Ketua OSIS. Kegiatan ini tentunya sangat dirindukan masyarakat.

Kepala MAN 2 Bpk. H. M. Bunyamin, M.Ag menjelaskan pihaknya melalui Tim Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lilaalamiin (P5P2RA) bersama Organisasi Siswa Intra Sekolah MAN 2 Cianjur (OSMANDA) dan Ketua MPK periode 2023/2024 sudah melaksanakam Pemilihan ketua Osis secara demokrasi.

Upaya ini dilakukan dengan memberikan kesempatan bagi setiap siswa-siswi MAN 2 Cianjur untuk berpartisipasi secara aktif dalam Pemilihan OSIS dan MPK MAN 2 Cianjur.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lilaalamiin (P5P2RA)” paparnya.

Menurutnya, tahapan kegiatan ini dimulai pada tanggal 18 September 2023 dan puncaknya hari ini tanggal 4 Oktober 2023.

Pesta Demokrasi pemilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK MAN 2 Cianjur ini dimulai jam 07.30 dan diawali dengan sambutan oleh Kepala MAN 2 Bpk. H. M. Bunyamin, M.Ag.

“Pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS periode 2023/2024 adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini dan miniatur Demokrasi sesungguhnya di Negara Indonesia, sehingga diharapkan ke depannya peserta didik dapat terbiasa dengan sistem demokrasi yang diterapkan di negara ini,’’ jelasnya.

Sementara Pembina OSIS MAN 2 Cianjur H. Samsudin, S.Sos.I.,MH menyampaikan bahwa Proses Demokrasi Pemilihan OSIS dan MPK kali ini merupakan pembelajaran yang sangat berarti bagi siswa/I MAN 2 Cianjur.

“Ini sangat bernilai, pendidikan demokrasi sejak ini diharapkan dalam pelaksanaan memilih seorang pemimpin dalam lingkungannya yang bisa juga diterapkan dikemudian hari ketika terjun di Masyarakat,” ungkapnya.

Diakuinya dengan dilaksanalkannya Pemilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK MAN 2 Cianjur, terlihat antusiasme para siswa-siswi saat mengikuti rangkaian pemilihan di Lapangan dalam MAN 2 Cianjur.

“Pelaksanaan pemilihannya dibagi kedalam tiga TPS dengan urutan pembagian TPS untuk kelas X memilih di TPS 1, kelas XI memilih di TPS 2 dan untuk kelas XII memilih di TPS 3,” ujarnya

Menurutnya, sebelum memasuki puncak kegiatan pemilihan, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan rangkaian kegiatan sebagai tahapan yakni pemutakhiran data pemilih dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Pendaftaran bakal calon Ketua dan ketua MPK serta pengumpulan berkas, Pemeriksaan dan verifikasi berkas bakal calon Ketua OSIS dan Ketua MPK, Pengumuman bakal calon dan penetapan nomor urut bakal calon.

“Tahapan dilanjutkan Penyampaian visi-misi bakal calon, Penetapan calon Ketua OSIS dan ketua MPK serta penetapan nomor urut calon, Orasi dan debat para calon, hingga Pemilihan dan perhitungan suara,” terangnya.

Adapun hasil akhir penghitungan suara pada pemilihan ketua OSIS dan MPK kali ini, kandidat nomor urut 5 untuk Calon Ketua OSIS unggul dengan perolehan suara terbanyak yaitu 468 suara atas nama DHISYA SORAYA urutan berikutnya Fauzian Erlangga 180 suara, Avicena 96 suara, Pebi Pebriyana 80 suara dan Siti Habna 33 suara.

“Sedangkan untuk Calon Ketua MPK unggul dengan perolehan suara 414 suara atas nama ANDRA, urutan berikutnya Salma 159 suara, Siti Zaliya 118 suara, Herlina 88 suara dan Citra Lestari 71 suara. Total suara yang masuk untuk Pemilihan Ketua OSIS sebanyak 900, Suara sah sebanyak 857 dan 43 dinyatakan tidak sah. Dari total DPT 1.013 siswa, 113 siswa tidak datang memilih, sedangkan untuk Pemilihan Ketua MPK suara yang masuk sebanyak 900, suara sah sebanyak 850, suara tidak sah sebanyak 50,” tandasnya. (Fhn)

Artikulli paraprakKapolres Cianjur Pimpin Upacara Penyerahan Jabatan dan Kenaikan Pangkat Pengabdian
Artikulli tjetërIfan Udel : Brigez DPW Kota Bandung Dukung Pangdam III/ Siliwangi Ciptakan Bandung Kondusif