BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Penurunan Stunting di Kabupaten Ciamis telah mencapai deklarasi komitmen bersama.

Bahwa percepatan penurunan stunting bisa dilakukan melalui kolaborasi dan inovasi sebagaimana dinyatakan oleh Pemerintah Daerah Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dalam kegiatan penilaian kinerja Kabupaten pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2021 bertempat di Aula Bappeda Ciamis, Selasa (5/7/2022).

“Semua OPD dan stakeholder berembug dan berkomitmen untuk menuntaskan permasalahan stunting di Kabupaten Ciamis,” ucap Yana.

Ia menerangkan rembug stunting dilaksanakan secara daring maupun luring dan menghasilkan output berupa komitmen penurunan stunting dan rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi.

“Ciamis menempati urutan ke-4 prevalensi stunting terendah di Jabar. Berdasarkan studi status gizi Indonesia (SSGI) prevalensi stunting Ciamis pada tahun 2019 adalah 24,21% dan mengalami penurunan menjadi 16% pada tahun 2021,” paparnya.

Selanjutnya, Yana mengatakan sesuai dengan strategi nasional percepatan pencegahan stunting di Kabupaten Ciamis penanganannya menjadi kegiatan prioritas yang diimplementasikan dalam kegiatan intervensi penurunan stunting khususnya di 10 desa prioritas.

“Pemerintah daerah melalui 9 OPD seperti Dinas Kesehatan, Dinas pendidikan, DPMD dan dinas lainnya melakukan berbagai kegiatan diantaranya workshop pemberian makan bayi dan anak bagi kader dan KPM di 10 desa lokus penting tahun 2021,” terangnya.

Selain itu, ia menjelaskan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Ciamis juga dilakukan dengan beberapa regulasi yang terdiri dari 1 Peraturan Daerah, 5 Peraturan Bupati, 5 Keputusan Bupati dan 1 Intruksi Bupati.

“Salah satu regulasi tersebut yaitu Peraturan Bupati Ciamis nomor 38 tahun 2020 tentang percepatan pencegahan stunting terintegrasi di Kabupaten Ciamis,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaHadiri Upacara HUT Bhayangkara ke-76 Secara Virtual, Bupati Ciamis : Sinergitas Diperlukan
Artikel berikutnyaSelama 50 Tahun Gerakan PKK Hadir untuk Indonesia, Peringatan Kali Ini Menjadi Istimewa