Foto/Humas Pemda Kabupaten Ciamis

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Sebanyak 199 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kabupaten Ciamis resmi diambil sumpah dan janji menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya.

Pengambilan sumpah janji tersebut dilaksanakan secara virtual di tiga tempat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Ciamis, Selasa (16/6/2020).

“Pengambilan sumpah janji PNS yang baru ini dilaksanakan secara virtual di tiga ruangan, 83 orang di Aula BKSDM, 64 orang di gedung diklat ruang A, dan 52 di ruang B. Terdiri dari PNS formasi fungsional 194 orang dan 5 orang formasi umum” ujar Herdiat.

Dalam sambutannya, Herdiat berpesan kepada seluruh ASN yang baru agar dapat adabtif, responsibility, kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

“ASN harus memiliki intergritas kesetiaan kepada NKRI, adaptif dalam lingkungan kerjanya, responsibility terkait kondisi sosial, kreatif dan inovatif sehingga ada perubahan-perubahan dalam setiap sektor,” kata Herdiat

Meski acara pelantikan dilaksanakan secara virtual, namun kata Herdiat tidak mengurangi makna dari pengambilan sumpah janji para ASN/PNS itu.

“Meskipun dilaksanakan secara virtual diharapkan tidak mengurangi makna dari terselenggaranya pelantikan tersebut,” ucapnya.

Herdiat menjelaskn, pengambilan sumpah janji ASN dilakukan secara virtual karena adanya pandemi Covid-19. Ia juga mengajak kepada seluruh ASN untuk bersama-sama menghadapi situasi kerja di tengah pandemi saat ini.

“Kita semua prihatin menghadapi pandemi Covid-19 ini. Namun, para ASN di lingkungan Pemkab Ciamis harus sama-sama bekerja dengan penuh semangat, bahu membahu di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Memasuki era New Normal atau Adabtasi Kebiasaan Baru (AKB) saat ini, Herdiat mengimbau kepada para ASN baik yang baru dilantik dan ASN yang sudah lama mengabdi agar tetap waspada dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dikarenakan tren Covid-19 masih naik.

“Seperti memakai masker, jaga jarak aman, slalu cuci tangan dan menghindari kerumunan banyak orang. Hal ini harus menjadi tuntunan hidup kita di tengah pandemi Covid-19” imbaunya.

Selain itu, dalam pemberlakuan AKB di Ciamis, Herdiat juga mengajak kepada seluruh ASN untuk sama-sama mengedukasi dan mensosialisasikn kepada masyarakat sehingga pelaksanaan dalam pemberlakuannya berjalan lancar.

“Para ASN diwajibkan membantu edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa kita memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru. Peran serta ASN yang baru diambil sumpah diharapakan bisa membantu mengedukasi dan mensosialaisasikannya,” imbaunya.

Herdiat juga mengucapkn selamat kepada seluruh ASN yang baru dilantik dan di ambil sumpah janji menjadi PNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Ciamis.

“Selamat kepada para ASN yang diambil sumpah, selamat menjadi pegawai negeri sipil. Dengan telah dilantiknya, maka haknya akan didapat 100%, semoga menjadi penyemangat para ASN baru untuk bekerja,” ucap Herdiat.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Ciamis, Yeyet Trisnayati Trisno mengatakan, pengambilan sumpah janji ASN dilakukan sesui amanat peraturan perundang-undangan di bidang kegawaian.

“ASN diwajibkan diambil sumpah dan janji sejalan dengan peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian” jelasnya. (Hen/Pasundannews.com)

Artikulli paraprak100 Anggota Kodim 0608 Tugas Perbatasan Jalani Rapid Tes
Artikulli tjetërBupati Ciamis Berikan Bantuan Tunai Untuk Renovasi Rutilahu di Maleber