Pengurus Cabang (PC) Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI) Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis menggelar acara Training Intisab. Foto/Ilham Hidayat. pasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pengurus Cabang (PC) Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI) Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis menggelar acara Training Intisab.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Jumat-Sabtu tanggal 29-30 Maret 2024 bertempat di Gedung MA PUI Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Diketahui, Training Intisab ini merupakan latihan kader dasar yang berstatus sebagai training formal di organisasi Pemuda PUI.

Acara diikuti oleh pelajar sebanyak 17 orang gabungan dari MTs PUI dan MA PUI Banjarsari.

Lebih lanjut, Training Intisab yang merupakan bentuk pembinaan kepemudaan ini menghadirkan beberapa narasumber dan tokoh-tokoh Pemuda PUI Kabupaten Ciamis.

Perwakilan panitia, Abdul Mughni melaporkan kaderisasi dalam Training Intisab membentuk jiwa para pelajar yang penuh dengan rasa tanggungjawab.

“Agar memiliki jiwa yang penuh dengan rasa tanggungjawab, terlebih kepada siswa-siswi Hijar (Himpunan Pelajar) PUI. Tentunya untuk melaksanakan doktrin PUI, yaitu Islahu Tsamaniyah, serta paling penting adalah pengalaman mencari ilmu,” paparnya.

Sejurus dengan itu, Ketua Umum Pengurus Cabang (PC) Kecamatan Banjarsari, Sidik Amin menyampaikan bahwa kaderisasi dalam Training Intisab memberikan sejarah perjuangan PUI seperti apa.

“Bagaimana PUI berdiri sampai saat ini tidak lepas dari perjuangan para pendahulu. Jadi spirit para siswa harus muncul, sehingga mereka punya spirit perjuangan untuk mengabdi di organisasi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Daerah (PD) Pemuda PUI Kabupaten Ciamis, Ujang Saepul Adha menjelaskan pesan penting bagi para pelajar PUI ke depannya akan menjadi penerus para Pemuda PUI.

“Semoga semakin bertambah semangat perjuangannya. Selain itu, melalui kaderisasi ini para pelajar PUI diharapkan terbentuk pribadi-pribadi yang tangguh, semangat untuk terus belajar dan adaptasi terhadap zaman,” terang Adha.

Ia berharap, dengan terlaksananya Training Intisab yang diselenggarakan oleh PC Pemuda PUI Banjarsari bisa terus terawat kaderisasi, dalam rangka mencetak kader umat dan kader bangsa.

“Diharapkan Training Intisab yang dilaksanakan di Banjarsari ini, menjadi kegiatan positif di bulan suci Ramadhan. Serta menjadi wadah silaturahmi dengan tokoh-tokoh PUI. Kemudian pengamalan-pengamalan PUI yang dilaksanakan manfaat bagi masyarakat nantinya,” tandasnya.

(Ilham Hidayat/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDiduga Sopir Ngantuk, Minibus Tabrak Tronton, Satu Penumpang Terluka Parah
Artikulli tjetërBupati Ciamis Apresiasi Semangat Gotong Royong Warga Bangun Masjid Jami Al-Ikhlas di Panumbangan