Pemodal dari Korea Selatan PT. Inko Total Industri akan berinvestasi di Kabupaten Ciamis, pengelolaan salah dan penyediaan energi jadi fokus utama. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemodal dari Korea Selatan PT. Inko Total Industri akan berinvestasi di Kabupaten Ciamis.

Kabar tersebut turut mempengaruhi iklim investasi di Tatar Galuh Ciamis ke depan.

Hal ini tak terlepas dari upaya Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Ciamis.

Kadin berhasil menarik investor dari Negeri Gingseng itu untuk berinvestasi di Kabupaten Ciamis.

Menandai investasi itu, Direktur PT. Inko Total Industri, Richard Jon menandatangani kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Menurut Ketua Kadin Ciamis, Hary Adam menjelaskan, keberhasilan menarik investor asing ke Ciamis merupakan salah satu fungsi utama Kadin dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Dengan hadirnya investor asing, kita dapat memperkuat perputaran roda ekonomi dan menciptakan ribuan lapangan kerja di Ciamis,” ucapnya.

Fokus Pengelolaan Sampah dan Penyediaan Energi

Investasi yang dilakukan oleh Korea Selatan melalui PT. Inko Total Industri fokus pada dua sektor pengelolaan sampah dan penyediaan energi.

Adam menegaskan bahwa pengelolaan sampah di Ciamis telah mendapat pengakuan baik. Terbukti dengan diraihnya penghargaan Adipura Kencana beberapa waktu lalu.

Selain sektor pengelolaan sampah, Kadin Ciamis juga berupaya menggaet investor di bidang pariwisata dan manufaktur.

“Kami berencana untuk mendatangkan lebih banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya di Ciamis,” kata Adam.

Investor dari Negeri Korea Selatan yang telah menandatangani kesepakatan kerjasama ini akan berinvestasi sebesar US$ 100.000.000 atau setara dengan Rp 1,5 Triliun.

Setelah MoU, langkah selanjutnya adalah melakukan kajian dan diskusi teknis, termasuk persiapan yang harus dilakukan oleh Ciamis dan investor, serta hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Dengan adanya investasi ini, diharapkan Kabupaten Ciamis dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Bupati Ciamis Sambut Baik Investor

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyambut baik kehadiran investor dari Korea Selatan yang akan berinvestasi di wilayahnya.

Ia mengungkapkan keyakinannya bahwa investasi ini akan membawa manfaat dan berkah bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah, semoga investasi ini membawa dampak positif bagi kita semua,” ujar Herdiat.

Ia melanjutkan, dengan menggarap potensi sampah menjadi sumber daya yang bernilai, investor ini tidak hanya berinvestasi secara finansial, tetapi juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

“Kami harap juga, penyerapan tenaga kerja lokal menjadi prioritas. Lalu tenaga kerja yang profesional dan memanfaatkan putra-putri daerah Ciamis,” tambahnya.

Kemudian juga, kata Herdiat, investasi ini diharapkan dapat memperkuat perekonomian lokal dan membuka peluang bagi masyarakat setempat.

“Adanya kerjasama yang baik antara investor dan pemerintah daerah, Kabupaten Ciamis semakin siap menghadapi masa depan yang lebih cerah,” pungkasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakRibuan Guru Hadiri Halal Bihalal PGMI Pangandaran tahun 2024
Artikulli tjetërAndang Firman Triyadi Resmi Dilantik Jadi Sekda Ciamis