Sekretaris BKPSDM Kabupaten Ciamis, Ai Rusli Suardi. Foto/Hendry. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis telah mengajukan formasi penambahan pegawai sebanyak 3.034 untuk CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dari jumlah tersebut dengan rincian 316 CPNS tenaga kesehatan serta tenaga teknis dan khusus untuk tenaga guru sebanyak 2.898 dari PPPK.

“Jumlah kebutuhan pegawai tersebut sudah kami usulkan ke pemerintah pusat melalui Kemenpan-RB,” kata Sekretaris BKPSDM Kabupaten Ciamis, Ai Rusli Suargi, Rabu (24/3/2021).

Rusli mengatakan, pengajuan penambahan CPNS ini sesuai dengan kebutuhan pegawai di Pemkab Ciamis tahun 2021.

Sementara itu, terkait jadwal pelaksanaan, pihaknya masih menunggu informasi dan arahan dari pemerintah pusat.

Setelah adanya penetapan formasi dari pemerintah pusat, maka ditindaklanjuti untuk melaksanakan seleksi CPNS di Kabupaten Ciamis

“Nanti itu tergantung pemerintah pusat melalui Kemenpan-RB terkait menetapkan formasinya berapa dari kuota yang kita usulkan,” tuturnya.

BACA JUGA : PERINGATAN BERDIRINYA KERAJAAN GALUH KE 1.409 DIGELAR DI SITUS KARANGKAMULYAN

Rusli menyebutkan, untuk pelaksanaan seleksi CPNS juga sudah disiapkan kebutuhan teknis maupun anggarannya di tahun 2021.

“Karena dilihat ada perbedaan tahapan dalam seleksinya. Seperti adanya seleksi PPPK dan itu memungkinkan anggaran ada penambahan,” katanya.

Rusli berharap, dengan jumlah pengajuan CPNS dan PPPK tersebut bisa memenuhi kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Ciamis.

“Selain itu juga mudah-mudahan calon pelamar baik CPNS ataupun PPPK berasal dari Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Rusli menambahkan, dalam proses tes CPNS dan PPPK di Kabupaten Ciamis tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengabaikan jika ada pihak atau oknum yang menawarkan jasa agar bisa lulus tes CPNS dengan membayar sejumlah uang.

“Abaikan saja dan jang dipercaya. Karena sekarang seleksi CPNS begitu transparan, begitu netral melalui sistem CAT hasilnya pun langsung kita ketahui,”

Sebelumnya telah ramai kabar bahwa pengumuman formasi CPNS 2021 akan dilaksanakan pada akhir Maret ini.

Berdasarkan informasi, untuk pendaftaran akan berlangsung pada April hingga Mei dan tes akan mulai dilakukan pada Juni 2021.