Pemilihan Duta Baca tingkat Kabupaten Ciamis 2024, Wujudkan Ciamis Literat Berwawasan Unggul dan Berbudi Luhur. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemilihan Duta Baca Kabupaten Ciamis tahun 2024 berlangsung pada Rabu (28/2/2024).

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis dengan mengusung tema ‘Mewujudkan Ciamis Literat, Berwawasan Unggul dan Berbudi Luhur’.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis H. Dadan Wiadi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pemilihan duta baca Ciamis.

Ia memaparkan, pada tahun 2023, PISA (Program for International Student Assessment) melaporkan bahwa tingkat literasi Indonesia di ASEAN berada pada posisi ketiga terbawah.

Kemudian, dari 80 negara yang ditempel di dunia, Indonesia menempati urutan 70. Sangat miris dengan jumlah penduduk kurang lebih 270 juta, tingkat literasi bangsa cukup memprihatinkan.

Pemilihan Duta Baca 2024 Upaya Tingkatkan Literasi

Pemilihan duta baca Ciamis tahun 2024, menurut Dadan menjadi salah satu kunci keberhasilan meningkatkan tingkat literasi masyarakat terutama di Kabupaten Ciamis.

“Secara pelaksanaan kita memang bekerja sama dengan paguyuban duta baca kabupaten Ciamis. Sekaligus sebagai upaya untuk mengapresiasi anak-anak muda agar memiliki peran penting dalam hal peningkatan literasi,” paparnya.

Sehingga, Dadan melanjutkan, mengenai literasi menjadi tugas bersama untuk meningkatkan tingkat literasi di kabupaten Ciamis.

“Diharapkan bisa memotivasi anak-anak muda untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi gemar membaca,” tuturnya.

Nantinya, tugas duta baca akan turut membantu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya literasi.

“Teman-teman duta baca nantinya juga bertugas ke sekolah-sekolah, ke depan kita akan berkoordinasi dengan pendidikan, mereka bisa bisa mendongeng di paud, di lingkungan nya, mengajak anak-anak paud gemar membaca sejak dini,” jelasnya.

Apresiasi Bunda Literasi Kabupaten Ciamis 

Pada kesempatan yang sama, turut hadir juga Bunda Literasi Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat.

Ketika dimintai keterangan, ia pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada duta baca kabupaten Ciamis.

Mengingat, kabupaten Ciamis memiliki prestasi dalam hal pemilihan duta baca tingkat provinsi Jawa Barat.

“Tahun 2023, Duta Baca Ciamis meraih juara 1 tingkat provinsi Jawa Barat atas nama Saudara Miftah. Hal ini menjadi motivasi untuk kita semua agar ke depan duta baca Ciamis lebih ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kania mengatakan pemilihan duta baca merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis.

“Kami sangat mendukung adanya kegiatan ini, duta baca ini diharapkan bisa jadi role model, mengajak minimalnya masyarakat yang ada di kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Sehingga, tambah Kania, hal tersebut menjadi upaya dalam meningkatkan minat baca dan juga meningkatkan literasi.

“Dengan membaca, meningkatkan wawasan, kemampuan, keterampilan, menuju masyarakat yang cerdas. Di pundak para duta baca, kami berharap, dapat meningkatkan minat baca di daerah nya masing-masing se Kabupaten Ciamis,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPeresmian Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Harapkan Istiqamah Memakmurkan Masjid
Artikulli tjetërWisata Ciamis, Nikmati Hutan Pinus yang Syahdu di Hutan Cikoneng Darmacaang