Destinasi wisata alam di Hutan Pinus Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wisata Ciamis menyuguhkan destinasi yang dianugerahi kekayaan alam dan budaya begitu mempesona.

Dalam hal ini, bukan di Bandung atau Jogja, Ciamis juga salah satunya menawarkan destinasi hutan pinus yang sangat menarik di sekitar Gunung Sawal Ciamis, yakni Hutan Pinus Darmacaang.

Sebagaimana rangkuman PasundanNews.com, Rabu (28/2/2024), keindahan alam pinus Darmacaang sangat pas untuk kegiatan berkemah atau bersantai bersama keluarga ketika liburan akhir pekan tiba.

Selain itu, Hutan Pinus Darmacaang juga menampilkan suasana alam yang alami dan pemandangan indah dari pohon pinus yang menjulang tinggi.

Pengalaman berwisata hutan pinus juga dapat dinikmati di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Hutan Pinus Darmacaang ini terletak di bawah kaki Gunung Sawal dan berdekatan dengan kawasan wisata alam batu cakra Ciamis.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika udara di sekitarnya tetap segar dan sejuk, jauh dari polusi.

Berbagai kegiatan liburan dapat dilakukan di Hutan Pinus Darmacaang, mulai dari berkemah, bermain outbond, hunting foto, hammocking, hingga sekadar bersantai di bawah rindangnya pohon pinus sambil menikmati hidangan.

Hutan Pinus ini berlokasi tidak jauh dari jalan raya Ciamis, waktu tempuh dari jalan raya menuju lokasi adalah sekitar 30 menit.

Jangan khawatir dengan akses jalan karena jalan untuk sampai kesana cukup memadai dan bisa diakses kendaraan anda.

Untuk menikmati keindahan wisata hutan pinus ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sekitar Rp7.000 per orang dengan biaya parkir terpisah, untuk motor Rp2.000 sedangkan mobil Rp3.000.

Fasilitas Hutan Pinus Darmacaang

Fasilitas yang tersedia di kawasan Hutan Pinus Darmacaang mencakup area parkir, mushola, Kopinus Caffe, toilet, area outbound, Darmacaang Camping, dan warung.

Di wilayah hutan pinus ini, para wisatawan biasanya memiliki opsi untuk menyewa hammock dengan tarif sekitar Rp10.000 per hammock tanpa batasan waktu penggunaan.

Oleh karena itu, tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan hammock sepanjang hari.

Selain itu, di area hutan pinus ini terdapat penjual makanan yang menawarkan berbagai jenis kuliner, namun yang paling diminati adalah kelezatan nasi liwet.

Hidangan ini menjadi pilihan utama untuk menikmati waktu bersantai di tengah keindahan alam terbuka.

Gimana, tertarik untuk berkunjung dan menenangkan diri di Hutan Pinus Darmacaang? Ayo segera ajak keluarga anda, selamat berlibur. (Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemilihan Duta Baca Tingkat Kabupaten 2024, Wujudkan Ciamis Literat Berwawasan Unggul dan Berbudi Luhur
Artikulli tjetërIr Ngadimin dari PDI Perjuangan, Satu-satunya Mantan Pejabat Birokrat yang Lolos Meraih Kursi dalam Pileg DPRD Kota Banjar 2024