Pemerintah Desa (Pemdes) Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten  Ciamis menggelar Gebyar Pelayanan. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten  Ciamis menggelar Gebyar Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Kamis (10/8/2023).

Kegiatan tersebut merupakan upaya dan inovasi Pemdes Darmacaang untuk mewujudkan Program Desa Sehat.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam memeriksakan kesehatannya.

Seperti diantaranya memantau kesehatan ibu hamil, dan memantau tumbuh kembang balita.

Kepala Desa Darmacaang, Koko Zulkarim, mengatakan, isu kesehatan masyarakat menjadi perhatian utama, sehingga termuat dalam RPJMDesa Darmacaang.

“Kami menaruh perhatian penuh kepada permasalahan kesehatan masyarakat dalam rangka mewujudkan Desa Sehat dan Darmacaang bebas stunting,” ujarnya.

Koko menambahkan bahwa kesehatan masyarakat merupakan awal dari produktifitas ekonomi desa.

Menurutnya, jika warga sehat maka akan berdampak pada produktifitas bekerja untuk menghasilkan pendapatan rumah tangga.

Pihaknya pun terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong antusiasme masyarakat mengakses layanan kesehatan ke posyandu.

“Salah satunya melalui kegiatan ini, dan kami akan terus berupaya mengajak dan mendorong warga untuk dapat mengakses layanan kesehata,” katanya.

Koko menambahkan, dalam pelaksanaanya kegiatan Gebyar tersebut, Pemdes Darmacaang memberikan pelayanan kesehatan secara gratis.

Antara lain yaitu, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, pemberian makanan tambahan (PMT) kepada balita dan ibu hamil.

Lalu, pemeriksaan kesehatan ibu hamil, penimbangan dan pengukuran badan balita, lomba kampung sehat, pemberian sertifikat imunisasi.

“Selanjutnya ada lomba masak makanan sehat, lomba posyandu, lomba Ayah siaga dan pemberian doorprize kepada masyarakat,” paparnya.

Melalui kegiatan Gebyar ini, pihaknya berharap akan  terciptanya lingkungan desa yang sehat, pencegahan stunting hingga nol persen.

“Serta kesadaran untuk memeriksakan kesehatan secara berkala ke posyandu khususnya balita dan ibu hamil, yang pada akhirnya terwujud generasi sehat dan cerdas di desa Darmacaang,” kata Koko. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Apresiasi PWRI di HUT yang ke-61
Artikulli tjetërBupati Ciamis Lantik Kades PAW, Sampaikan Pesan Hindari Bongkar Pasang Perangkat Desa