PASUNDAN NEWS – Pendistribusian logistik Pemilu pada Pemilu Serentak tahun 2024 bisa dikategorikan salah satu tahapan pemilu yang cukup rawan terjadi pelanggaran ataupun kerusakan.

Kerawanan tersebut muncul kekhawatiran terjadi pelanggaran yang akan menghambat pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Maka Panwalu Kecamatan Dayeuhkolot menyikapi betul terkait kondisi tersebut dengan mengyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi pengawasan distribusi logisti di Kecamatan Dayeuhkolot guna menunjukkan sikap komitmenny adalam rangka memastikan setiap tahapan pemilu berjalan sesuai dengan yang seharusnya tanpa ada pelanggaran.

Kegiatan tersebut digelar oelh Panwaslu Kecataman Dayeuhkolot pada tanggal 26 November 2023 tepatnya di Bento Kopi Telkom Bandung, Sukapura, Dayeuhkolot, Kab.Bandung yang di ikuti oleh PKD se-Kecamatan Dayeuhkolot, Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan Dayeuhkolot, Ketua dan Anggota PPK Kecamatan Dayeuhkolot, dan mengundang Yohanes Paulus Indartono selaku anggota KPU Kab Bandung sebagai pemateri eksternal dalam acara rakor tersebut.

Asep Dadang selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Dayeuhkolot sekaligus PIC pengawasan distribusi Logistik di Panwaslu Kecamatan Dayeuhkolot ketika di hubungi menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan rakor ini karena dinilai urgeny sebagai salah satu tahapan Pemilu.

“Pada prinsipnya pengawasan tahapan pemilu pada hal ini tahapan logistic itu momen penting yang sejatinya perlu dibahsan dan lakukan bersama. Oleh karena itulah kami melaksanakan kegiatan ini dan mengundang penyelenggara pemilu di tingkat Kecamatan Dayeuhkolot agar pengawasan logistik ini bisa terawasi bersama dengan maksimal,” Ujar Asep.

Di sisi lain, para pengawas Pemilu di Kecamatan Dayeuhkolot dibekali dan diberi arahan terkait pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pengawasan logistic termasuk dalam pemataan potensi kerawanan dalam pendistribusian logistic Pemilu.

“Dari hal tersebutlah hal penting peningkatan kapasitan dan pengetahuan pengawas pemilu. Agar jangan sampai ada logistic yang dkirimkan tidak ada yang terkuar dana tau sampai tidak terdistribusikan sesuai dengan ketentuannya, sehingga kami jajaran Panwaslu Kecamatan Dayeuhkolot serta PKD se-Kecamatan Dayeuhkolot akan siap mengawasi tahapan logistic pada Pemilu Serentak tahun 2024” Ujar Asep.

Ihsan Nasution selaku Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2HM) Panwaslu Kecamatan Dayeuhkolot menyampaikan akan kesiap siagaan penuh dalam mengawasi tahapan logistic pada pemilu tahun 2024.

“Kami siap melaksanakan pengawasan melekat, memeriksa, dan mencatat dengan teliti, cermat dan tepat agar logistic yang didistribusikan tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu, teapt kualtas serta efisien, agar tidak terjadi hal-hal yang kedepannya mejandi pelanggaran yang mengakibatkan terhambatnya tahapan Pemilu” Ujar Nasution.

Diakhir Muamad Jarkasih selaku Kordiv Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwaslu Kecamatan Dayeuhkolot menyampaikan agar pendistribusian logistic pemilu ini memperhatikan kenderaan yang digunakan untuk mengirim dan waktu pengirimannya.

“Melihat Cuaca akhir-akhir ini yang sudah mulai hujan dan kadangkala kenderaan yang digunakan ada kendala yang akan menyebabkan adanya surat suara atau barang logistic rusak karena kehujanan dan keterlambatan untuk sampai ketujuan pendistribusian” ujar Jarkasih.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikulli paraprakHari AIDS Sedunia, Ini Pesan Walikota dan Wakil Wali Kota Banjar 
Artikulli tjetërBawaslu Kota Banjar Gelar Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Pengawas Pemilu