Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Lingkung Wargamulya Kelurahan/Kecamatan Purwaharja Kota Banjar Gelar Pawai Obor. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, masyarakat di Lingkungan Wargamulya, Kelurahan/Kecamatan Purwaharja Kota Banjar menggelar pawai obor, Sabtu (5/7/2024) malam.

Kegiatan ini diikuti oleh leh anak-anak madrasah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa dilingkungan setempat.

Pawai obor dimulai dari halaman masjid utama Lingkung Wargamulya, dengan rute mengelilingi wilayah kelurahan.

Para peserta membawa obor yang menyala, menciptakan pemandangan yang indah dan khidmat.

“Pawai obor ini merupakan tradisi yang sudah lama kita laksanakan untuk menyambut tahun baru Islam. Selain sebagai bentuk syukur, ini juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar warga,” ujar Hendi Sumantri, Lurah Purwaharja.

Hendi menjelaskan bahwa pawai obor ini bukan hanya sekadar kegiatan seremonial, tetapi juga memiliki makna mendalam.

“Obor yang kita bawa melambangkan cahaya dan harapan baru. Dengan semangat tahun baru Hijriah, kita berharap dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat menunjukkan betapa kompaknya warga di Lingkung Wargamulya.

Keterlibatan Bhabinkamtibmas, Aipda Dian Susanto dan Babinsa, Serma Takril, juga menambah rasa aman dan nyaman bagi para peserta pawai.

“Pawai ini adalah salah satu cara kita untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada generasi muda. Kami ingin anak-anak madrasah tidak hanya belajar agama di kelas, tetapi juga merasakannya dalam kegiatan nyata seperti ini,” jelas Hendi.

Sepanjang rute pawai, warga yang tidak ikut berjalan turut memberikan dukungan dengan menonton dan memberikan semangat. Suasana penuh keakraban dan kebersamaan terasa begitu kental.

“Melihat antusiasme warga, saya merasa sangat bangga. Ini bukti bahwa kegiatan seperti ini masih sangat relevan dan diterima baik oleh masyarakat,” kata Hendi.

Dengan berakhirnya pawai obor, diharapkan semangat tahun baru Islam 1446 Hijriah membawa berkah dan kebahagiaan bagi seluruh warga Lingkung Wargamulya.

“Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari kegiatan ini dan semakin kompak dalam menjaga kerukunan serta kebersamaan,” tutup Hendi.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDiskominfo Fasilitasi Bimtek Super Desa di FISIP Unigal Ciamis
Artikulli tjetërSambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Ribuan Warga di Pangandaran Pawai Obor